9+ Air Terjun di Tuban (Jawa Timur) Yang Pesonanya Tiada Duanya!!

Inilah beberapa air terjun di Tuban (Jawa Timur) yang pesonanya tiada duanya. Seperti diketahui, Tuban adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai segudang tempat wisata alam yang menarik dikunjungi.

Dan salah satu jenis tempat wisata alam yang banyak ditemukan di Tuban adalah tempat wisata alam berupa air terjun. Dan kebanyakan air terjun-air terjun tersebut memiliki keindahan yang tiada duanya.

Dan salah satu air terjun yang sangat terkenal dikalangan para wisatawan adalah Air Terjun Nglirip. Lantas, apa saja air terjun di Tuban (Jawa Timur) yang pesonanya tiada duanya tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Air Terjun di Tuban (Jawa Timur) Yang Pesonanya Tiada Duanya

#1. Air Terjun Nglirip

Air Terjun di Tuban
Air Terjun Nglirip

Air terjun di Tuban (Jawa Timur) yang pesonanya tiada duanya pertama yaitu Air Terjun Nglirip. Air terjun yang berada di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Pasalnya, keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini sudah sangat terkenal dikalangan para wisatawan. Hanya saja, lokasi air terjun ini cukup jauh dari pusat Kota Tuban, yaitu sekitar 37 km.

Namun, rasa lelah akibat perjalanan yang cukup jauh tersebut akan langsung terobati ketika sudah sampai ke lokasi air terjun ini. Airnya yang berwarna biru tosca dipadu dengan pepohonan hijau disekitarnya akan langsung membuatmu takjub.

BACA JUGA: 33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun di Tuban
Air Terjun Wukirharjo

Air terjun di Tuban (Jawa Timur) yang pesonanya tiada duanya berikutnya yaitu Air Terjun Wukirharjo. Kurang lebih sama dengan Air Terjun Nglirip, lokasi air terjun ini juga cukup jauh dari pusat Kota Tuban, yakni sekitar 36 km.

Bukan hanya jauh, kondisi jalannya juga cukup ekstrim, sehingga untuk sampai ke air terjun ini cukup sulit. Namun, semua kesulitan-kesulitan tersebut akan terbayar jika sudah sampai ke lokasi air terjun ini.

Jika kamu penasaran dengan keindahan Air Terjun Wukirharjo ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Dusun Sambung Rejo, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

#3. Air Terjun Gajahan

Kurang lebih sama dengan Air Terjun Nglirip, dan Air Terjun Wukirharjo, Air terjun yang berada di Desa Ngulahan, Kecamatan Tambakboyo ini juga berada cukup jauh dari pusat Kota Tuban, yakni sekitar 37 km.

Hanya saja, Air Terjun Gajahan cukup terkenal dengan pemandangan alamnya yang masih asri dan udara yang masih bersih, sehingga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan di Tuban.

#4. Air Terjun Bongok

Air Terjun di Tuban
Air Terjun Bongok

Kalau air terjun yang satu ini, lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Tuban dibandingkan tiga air terjun sebelumnya, yakni sekitar 24 km saja, atau sekitar 30 menit perjalanan mengunakan kendaraan.

Disamping itu, air terjun yang berada di Desa Jetak, Kecamatan Montong ini tidak terlalu tinggi. Sehingga, air terjun ini aman dijadikan sebagai tempat untuk bermain air dialam terbuka.

#5. Air Terjun Sanggrahan

Air terjun yang berada di Dusun Nganget, Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan ini berjarak sekitar 40 km, atau bisa ditempuh kurang lebih 1 jam 20 menit perjalanan mengunakan kendaraan.

Walaupun lokasinya cukup jauh, namun air terjun ini sangat bagus dijadikan sebagai tempat untuk bermain air dialam terbuka. Pasalnya, air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan air yang masih bersih, dan segar.

#6. Air Terjun Banyulangse

Air Terjun di Tuban
Air Terjun Banyulangse

Berikutnya yaitu Air Terjun Banyulangse. Air Terjun Banyulangse ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin pergi ke air terjun yang dekat dari pusat Kota Tuban.

Pasalnya, air terjun yang lokasinya berada di Jalan Banyu Langse I, Desa Boto, Kecamatan Semanding ini hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer saja dari pusat Kota Tuban.

Selain itu, jalan aksesnya juga cukup mudah dikarenakan sudah beraspal. Dan yang membuat air terjun ini cukup istimewa adalah suasananya masih asri dengan hijau pepohonan yang dipadu dengan perbukitan kapur.

#7. Grojogan Coban Sewu

Kalau air terjun yang satu ini tidak berada di Kabupaten Tuban, melainkan di Kabupaten Malang, atau lebih tepatnya berada di Dusun Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Hanya saja, lokasi air terjun ini cukup dekat dari Kabupaten Tuban. Sehingga, air terjun yang terkenal dengan debit air yang cukup deras ini layak dipertimbangkan dikunjungi oleh wisatawan dari Kabupaten Tuban.

#8. Air Terjun Coban Rais

Air Terjun di Tuban
Air Terjun Coban Rais

Kurang lebih sama dengan Grojogan Coban Sewu, Air Terjun Coban Rais tidak berada di Kabupaten Tuban, melainkan di Kabupaten Batu, atau lebih tepatnya di Desa Oro-Oro, Kecamatan Ombo, Kabupaten Batu.

Namun, karena lokasinya yang cukup dekat dari Kabupaten Tuban, membuat air terjun ini layak juga dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

#9. Air Terjun Kedung Bonjor

Yang terakhir yaitu Air Terjun Kedung Bonjor. Walaupun hanya memiliki tinggi sekitar 5 meter saja, namun air terjun ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Pasalnya, air terjun yang berada di Dusun Bendo, Desa Bendonglateng, Kecamatan Kenduruan ini sangat bagus dijadikan sebagai tempat bermain air dialam terbuka seperti berenang, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata alam berupa air terjun di Tuban (Jawa Timur) yang pesonanya tiada duanya. Baca juga 7+ Oleh Oleh Khas Madiun (Jawa Timur) Selain Sambel Pecel!!.