15+ Jajanan Khas Banjarmasin Yang Enak Dinikmati Kapanpun!!

Kalau kalian berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan sampai lupa untuk mencoba mencicipi beberapa jajanan khas Banjarmasin, yang terkenal lezat, dan enak dinikmati dimanapun, dan kapanpun.

Selain bisa dinikmati langsung untuk menemani perjalananmu selama di Kalimantan Selatan, beberapa jajanan khas kota berjuluk ” kota seribu sungai “ ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Menariknya lagi, jajanan-jajanan ini sangat mudah ditemukan di Kota Banjarmasin. Lantas, apa saja jajanan khas Banjarmasin yang enak dinikmati oleh siapapun dan kapanpun tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Jajanan Khas Banjarmasin Yang Enak Dinikmati Kapanpun

#1. Apam Barabai

Jajanan Khas Banjarmasin
Apam Barabai

Jajanan khas Banjarmasin yang enak dinikmati kapanpun yang pertama yaitu Apam Barabai. Apam Barabai adalah salah satu makanan ringan khas Kalimantan Selatan, yang mampu menganjal perut yang lapar.

Makanan ringan ini terbuat dari adonan tepung beras, gula merah, atau gula putih, dan santan, serta ditambah tape singkong. Kue basah yang satu ini cocok dijadikan teman perjalananmu selama berada di Kota Banjarmasin.

BACA JUGA: 15+ Pulau Terindah di Kepulauan Seribu Yang Harus Kamu Ketahui!!

#2. Bobongko

Jajanan Khas Banjarmasin
Bobongko

Jajanan khas Banjarmasin yang enak dinikmati oleh siapapun dan kapanpun berikutnya yaitu Bobongko. Jajanan yang satu ini juga dibuat dari tepung beras dan santan, yang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Bobongko memiliki tekstur yang lembut dengan diisi gula merah, atau buah pisang. Bobongko ada dua jenis, yaitu Bobongko Gula Merah, dan Bobongko Sagu, yang rasanya sama-sama enak dan lezat.

#3. Amplang

Jajanan Khas Banjarmasin
Amplang

Amplang atau dikenal juga dengan nama ” Kuku Macan “ adalah sejenis kerupuk yang bahan dasarnya terbuat dari ikan, seperti Ikan Haruan, Ikan Mujair, Ikan Pipih, Ikan Tenggiri, dan lain sebagainya.

Selain enak dimakan dalam kondisi apapun, Amplang juga termasuk salah satu makanan ringan khas Banjarmasin yang tahan lama, sehingga sangat bagus dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

#4. Wadai Rangai

Jajanan Khas Banjarmasin
Wadai Rangai

Wadai Rangai adalah salah satu kue khas Banjarmasin, yang berbahan dasar sagu dengan citarasa manis dan gurih. Jaman dulu, kue ini hanya disajikan pada acara-acara adat saja, atau acara-acara formal lainnya.

Namun sekarang, Wadai Rangai sangat mudah ditemukan di Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Kue yang satu ini sangat bagus dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga, tetangga, maupun teman-temanmu.

#5. Ikan Seluang Goreng

Iklan Seluang adalah salah satu ikan sungai yang sangat mudah ditemukan di sungai-sungai disekitar Kota Banjarmasin. Biasanya, Ikan berukuran kecil ini sering digoreng untuk dijadikan lauk oleh warga Kota Banjarmasin.

Namun sekarang, Ikan Seluang goreng banyak dibuat dalam bentuk kemasan, sehingga bisa dijadikan sebagai cemilan dalam perjalananmu di Kalimantan Selatan, dan bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

#6. Dodol Kandangan

Jajanan Khas Banjarmasin
Dodol Kandangan

Bukan hanya Kabupaten Garut di Jawa Barat, yang terkenal dengan dodol bercitarasa sangat khas, Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan juga memiliki jajanan khas serupa bernama Dodol Kandangan.

Selain itu, Dodol Kandangan juga memiliki beberapa varian rasa, dan salah satu varian rasa yang paling banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh adalah Dodol Kandangan rasa durian.

#7. Keropok Haji Acan

Kerupuk memang sudah cukup lama menjadi salah satu jenis makanan yang populer dijadikan sebagai cemilan enak disaat sedang bersantai. Umumnya, kerupuk itu memiliki aroma udang atau ikan.

Namun sedikit berbeda dengan Keropok Haji Acan ini, dimana kerupuk yang satu ini memiliki aroma terasi yang sangat kuat sekali, dengan tekstur yang renyah, namun tetap memiliki rasa yang begitu gurih.

#8. Kue Roko

Jajanan Khas Banjarmasin
Kue Roko

Jajanan khas Banjarmasin yang enak dinikmati oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun berikutnya yaitu Kue Roko, atau dikenal dengan dengan nama ” Kue Gapit “. Kue Roko ini mirip sekali dengan Kue Semprong.

Tekstur renyak dengan citarasa yang manis membuat Kue Roko ini banyak digemari oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Selain itu, Kue Roko ini juga bisa tahan lama.

#9. Keripik Pisang Maholi

Pisang adalah salah satu buah yang banyak dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kue, cemilan, jajanan, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah Keripik Pisang Maholi khas Kota Banjarmasin.

Lebih menariknya lagi, Keripik Pisang Maholi khas Kota Banjarmasin ini hadir juga dengan beberapa varian rasa yang kekinian, mulai dari keju, green tea, hingga kopi, dan beberapa varian rasa lainnya.

Masih ingin tahu jajanan khas Banjarmasin lainnya? Untuk melanjukan klik NEXT.