+15 Jajanan Khas Pekalongan (Jawa Tengah) Yang Wajib Diburu!!

#9. Apem Kesesi

Jajanan khas Pekalongan (Jawa Tengah) yang wajib diburu oleh para wisatawan selanjutnya yaitu Apem Kesesi. Sesuai dengan namanya, Apem Kesesi adalah kue tradisional yang berasal dari Kecamatan Kesesi, Pekalongan.

Jajanan yang dibuat dari tepung beras dan gula aren ini memiliki bentuk bulat pipih, berwarna cokelat, dan biasanya beralaskan daun pisang. Kalau di luar Kota Pekalongan, Apem Kesesi ini lebih dikenal dengan nama ” Apem Comal “.

#10. Gemblong

Jajanan Khas Pekalongan
Gemblong

Katanya, jajanan tradisional khas Pekalongan berbahan dasar ketan ini dulunya sering dijual ketika menjelang malam hari dengan meneriakkan ” Blong … Gemblong ” agar dagangan mereka cepat laku.

Walaupun di jaman sekarang, jajanan yang satu ini masih mudah sekali ditemukan di beberapa pasar tradisional di Pekalongan, namun keunikan para penjual gemblong tersebut sudah sangat langka ditemukan.

BACA JUGA: 22+ Makanan Khas Cilacap Yang Lezatnya Bikin Ketagihan!!

#11. Putu Ler

Putu Ler adalah salah satu kue khas Pekalongan yang terdiri dari dua lapis. Dimana, lapisan atas yang berwarna kuning terbuat dari buah pisang, sedangkan lapisan bawah yang berwana putih terbuat dari tepung ketan.

Putu Ler termasuk salah satu kue yang sudah langka di Kota Pekalongan. Dan salah satu tempat untuk membeli kue ini adalah di Kue-Kue Nyonya Djoe di Jalan Sumatera No.16B, Sapuro Kebulen, Kecamatan. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

#12. Kopi Tahlil

Jajanan Khas Pekalongan
Ilustrasi Kopi Tahlil

Kopi Tahlil adalah kopi khas Pekalongan yang katanya sudah dipengaruhi oleh kebudayaan arab. Dinamakan ” Kopi Tahlil “ karena pada mulanya, jenis kopi ini hanya disajikan pada acara tahlilan saja.

Namun kini, jenis kopi ini sudah banyak dijual di warung-warung di pinggir jalan di Kota Pekalongan. Racikannya sendiri terdiri dari kopi hitam yang dicampur dengan beragam rempah-rempah seperti jahe, Serai, dan lainnya.

#13. Ogak Jahe

Ogak Jahe adalah salah satu cemilan khas Pekalongan yang terbuat dari jahe, kelapa, dan gula. Walaupun rasa jahenya begitu kuat ketika dimakan di lidah, namun uniknya, tidak terlalu pedas karena seimbang dengan manis dari gula.

Jika kamu penasaran seperti apa rasa cemilan yang satu ini? Kamu bisa membelinya langsung di Toko Idjo yang lokasinya berada di Jalan Hayam Wuruk No: 80, Bendan, Kecamatan. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

#14. Kerupuk Gendar

Jajanan Khas Pekalongan
Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar atau dikenal juga dengan nama ” Kerupuk Nasi “ adalah sebuah kerupuk yang terbuat dari olahan adonan nasi yang sudah diberi bumbu rempah-rempah, penyedap rasa, dan tepung tapioka.

Kerupuk Gendar ini sangat mudah ditemukan di Kota Pekalongan, mulai dari di warung-warung, pasar tradisional, hingga di beberapa toko oleh oleh dengan harga bervariasi antara Rp 3.000, – Rp 15.000,.

#15. Kripik Tahu

Jajanan khas Pekalongan (Jawa Tengah) yang wajib diburu oleh para wisatawan terakhir yaitu Kripik Tahu. Kripik Tahu merupakan salah satu jajanan yang sayang dilewatkan begitu saja jika berkunjung ke Kota Pekalongan.

Pasalnya, Kripik Tahu merupakan salah satu jajanan favorit di Kota Pekalongan yang terbuat dari bahan dasar tahu, yang sebelumnya sudah dibumbui dengan bumbu khusus, sehingga tahunya akan terasa lebih renyah ketika digoreng.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jajanan khas Pekalongan yang wajib diburu oleh para wisatawan jika sedang berkunjung ke kota batik ini. Baca juga 17+ Tempat Wisata di Magelang Yang Sedang Hits Dikunjungi!!.