7+ Jajanan Khas Trenggalek Yang Enaknya Bikin Rindu Kota Ini!!

Pergi berwisata ke Kabupaten Trenggalek, wajib hukumnya mencicipi beberapa jajanan khas Trenggalek. Karena katanya, citarasa jajanannya tersebut bisa membuatmu rindu kembali dengan kabupaten ini.

Jajanan khas Kabupaten Trenggalek ini bisa kamu jadikan sebagai cemilan selama menyusuri tempat wisata di Trenggalek. Selain itu, jajanan khas ini juga bagus dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

Jadi, jangan sampai lupa menyempatkan diri untuk membeli beberapa jajanan khas dari Trenggalek ini. Lantas, apa saja jajanan khas Trenggalek, yang enaknya bisa membuat rindu Kota Trenggalek tersebut? Berikut ulasannya

Inilah Beberapa Jajanan Khas Trenggalek, Yang Enaknya Bikin Rindu Kota Ini

#1. Alen-alen

Jajanan Khas Trenggalek
Alen-alen

Jajanan khas Trenggalek yang enaknya bisa membuatmu rindu Kota Trenggalek yang pertama yaitu Alen-alen. Jajanan berwarna kuning ini dibuat dari bahan dasar tepung tapioka, yaitu tepung pati yang diekstrak dari ketela atau singkong.

Dinamakan ” Alen-alen “ karena bentuknya seperti cincin. Proses pembuatannya cukup unik, yaitu dengan cara melilitkan adonan bahan dasar jajanan tersebut pada ujung jari, yang sudah dilumuri dengan tepung.

Dalam perkembangan, kini banyak bermunculan Alen-alen dengan citarasa baru untuk mengikuti selera para pencinta kuliner masa kini, mulai dari rasa sambal balado, keju, jagung bakar, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 15+ Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia Yang Wajib Dibawa Pulang!!

#2. Keripik Tempe

Jajanan Khas Trenggalek
Keripik Tempe

Jajanan khas Trenggalek, yang enaknya bisa membuat seseorang rindu kembali dengan Kota Trenggalek berikutnya yaitu Keripik Tempe. Jajanan yang satu ini banyak ditemukan di Kecamatan Pogalan, Trenggalek.

Yang membedakan Keripik Tempe khas Trenggalek dengan Keripik Tempe dari daerah lainnya di Indonesia, yaitu terletak pada proses pembuatannya yang cukup rumit. Dimana, kedelai-kedelainya harus ditata biji perbiji sebelum dibungkus dengan daun pisang.

Kemudian didiamkan untuk proses peragian. Setelah jadi tempe, barulah dibuat Keripik Tempe Khas Trenggalek yang enak. Karena proses yang cukup rumit inilah yang membuat jajanan yang satu ini cukup mahal.

#3. Sale Pisang

Jajanan Khas Trenggalek
Sale Pisang

Bukan rahasia umum lagi jika buah pisang banyak dijadikan berbagai olahan makanan, mulai dari yang sederhana seperti keripik pisang, hingga pisang nugget yang sedang naik daun, dan lain sebagainya.

Trenggalek juga memiliki jajanan khas yang berbahan dasar buah pisang, yaitu Sale Pisang. Proses pembuatannya cukup unik, dimana pisang yang sudah matang, kemudian dipotong berbentuk panjang agak tipis.

Kemudian, potongan-potongan buah pisang tersebut dijemur dibawah sinar matahari hingga bentuk dan teksturnya menjadi cukup padat. Rasa manis alami buah pisang yang kena sinar matahari ini cukup laris dikalangan pencinta makanan manis.

#4. Manco

Jajanan Khas Trenggalek
Manco

Manco dibuat dari tepung beras ketan, dibentuk memanjang, dan sedikit agak bulat. Keunikan dari jajanan yang satu ini, yaitu bagian dalamnya berongga, atau kopong. Ada dua jenis Manco, yaitu Manco Ketan dan Manco Wijen.

Manco Ketan dibuat dari tepung beras ketan, dibentuk mirip seperti tabung kecil, dan dibagian kulitnya dilapisi dengan beras ketan yang sudah digoreng, sedangkan Manco Wijen bagian kulitnya dilapisi dengan wijen.

#5. Geti

Geti adalah salah satu jajanan khas Kabupaten Trenggalek, yang proses pembuatannya sangat sederhana. Karena hanya dibuat dari biji wijen yang dicampur dengan gula merah, kemudian dibentuk memanjang.

Namun dalam perkembangannya, terdapat juga Geti Kacang, yang juga berbahan dasar dari biji wijen dicampur dengan gula merah, dan dibentuk memanjang, namun ditambah dengan cincangan kacang tanah.

#6. Tape Telo

Tape Telo adalah salah satu jajanan khas dari Kecamatan Durenan, Trenggalek, atau lebih tepatnya dari Desa Gador. Jajanan berbahan dasar ketela atau singking ini memiliki citarasa antara perpaduan rasa manis dan hangat dilidah.

Tidak hanya lezat disantap ketika peragiannya sudah matang, Tape Telo juga enak jika digoreng untuk dijadikan onde-onde khas Trenggalek, yaitu Onde-Onde Tape.

#7. Gupi Atau Walangan

Jajanan Khas Trenggalek
Gupi Atau Walangan

Ada satu lagi jajanan khas Trenggalek, yang tidak boleh kamu lewatkan untuk dibeli jika sedang berkunjung ke Kabupaten Trenggalek, yaitu Gupi, atau lebih populer dikenal dengan nama ” Walangan “.

Gupi atau Walangan adalah jajanan khas yang dibuat dari umbi jalar, biasanya yang digunakan adalah umbi jalar ungu. Dalam proses pembuatannya, umbi jalar tersebut diparut dengan bentuk sedikit pipih.

Kemudian, parutan-parutan umbi jalar tersebut dibentuk bulat, kemudian di celupkan ke dalam cairan gula merah, setelah itu digoreng hingga matang.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jajanan khas Trenggalek, yang enaknya bisa membuatmu rindu kembali dengan Kabupaten Trenggalek. Baca juga 9+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!.