22+ Makanan Khas Cilacap Yang Lezatnya Bikin Ketagihan!!

#9. Brekecek

Nama Brekecek berasal dari kata ” Brek ” yang berarti ” dijatuhkan “ dan ” Kecek “ yang berarti ” dicampur “. Walaupun namanya terdengar sedikit aneh, namun makanan yang satu ini cukup populer di Cilacap. Bahkan, makanan ini sudah dianggap sebagai salah satu ikon wisata kuliner di Cilacap.

Brekecek adalah salah satu makanan tradisional khas dari Kabupaten Cilacap yang berbahan dasar kepala Ikan Jahan yang dimasak dengan bumbu rica-rica. Dan seni dalam menikmati makanan ini, yakni dengan cara menyeruput isi kepala Ikan Jahan tersebut.

#10. Kue Lupis

Makanan Khas Cilacap
Kue Lupis

Kue Lupis ini juga bisa ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti di Bali. Namun, ada beberapa hal yang membedakan Kue Lupis khas Cilacap dengan Kue Lupis dari daerah lain di Indonesia.

Kue Lupis khas Cilacap ini dibuat dari bahan-bahan alami, yakni beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kue ini lebih nikmati lagi disantap dengan ditambahkan saus gula merah.

BACA JUGA: 17+ Tempat Wisata di Magelang Yang Sedang Hits Dikunjungi!!

#11. Lepet

Makanan Khas Cilacap
Lepet

Makanan khas Cilacap yang juga cukup lezat berikutnya yaitu Lepet. Lepet adalah salah satu makanan ringan khas Cilacap yang dibuat dari beras ketan, dan parutan kelapa yang dibungkus dengan janur kuning.

Biasanya, makanan ini sering dijumpai pada acara-acara hajatan seperti tujuh bulanan wanita hamil. Mitosnya, jika rasa lepet ini asin, maka bayi yang dikandung oleh wanita tersebut adalah laki-laki, dan jika tidak asin maka bayinya adalah perempuan.

#12. Kerupuk Tengiri

Pernah mendengar nama Ikan Tengiri yang biasanya dimasak untuk dimakan bersama nasi hangat? Nah di Cilacap, Ikan Tengiri ini tidak dijadikan sebagai lauk untuk dimakan bersama nasi, melainkan dijadikan sebagai kerupuk.

Lebih menariknya lagi, kerupuk ini bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas Cilacap yang bisa bawa pulang, baik untuk diri sendiri, maupun diberikan kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, pacar, dan lainnya.

#13. Cenil

Makanan Khas Cilacap
Cenil

Bagi yang pernah berkunjung ke pasar tradisional di Cilacap, pasti pernah melihat jajanan yang satu ini. Pasalnya, salah satu jajanan tradisional khas Cilacap ini biasanya banyak dijajakan di pasar tradisional.

Bentuknya kenyal dengan ditaburi banyak parutan kelapa, sehingga siapapun mencicipinya pasti menyukai jajanan ini, kecuali anak muda kekinian yang memang kurang menikmati jajanan yang satu ini.

#14. Tahu Masak

Makanan Khas Cilacap
Tahu Masak

Tahu Masak merupakan makanan yang terdiri tahu yang digoreng dengan minyak sedikit, kemudian tahu goreng tersebut dipotong-potong, setelah itu ditambahkan irisan kubis, kerupuk banggi, kupat, dan bumbu khas yang dicampur dengan kacang giling.

Makanan yang satu ini memang dikenal enak untuk dinikmati oleh siapapun. Dimana katanya, rasa kombinasi antara manis dan pedasnya bisa membuat orang yang pernah menyantapnya akan rindu untuk menikmatinya lagi.

#15. Karedok

Makanan Khas Cilacap
Karedok

Sebenarnya, makanan ini diadopsi dari salah satu daerah di Jawa Barat. Namun, makanan ini juga cukup terkenal di Cilacap, hal ini terjadi mungkin karena Cilacap berbatasan langsung dengan Jawa Barat.

Karedok adalah makanan yang terbuat dari sayuran-sayuran mentah seperti mentimun, wortel, kubis, kacang panjang, kecambah, dan lainnya, yang disiram dengan sambal kacang, dan ditaburi kerupuk banggi.

#16. Sate Martawi

Makanan khas Cilacap yang lezatnya bisa bikin ketagihan selanjutnya yaitu Sate Martawi. Keunikan sate ini yaitu memiliki dua tusuk sate, berbeda dengan sate pada umumnya yang hanya memiliki satu tusuk sate.

Keunikannya inilah yang membuat sate ini mudah dikenali. Selain itu, daging ayam yang dijadikan satu juga dipotong dengan ukuran lebih besar daripada sate pada umumnya, sehingga para penikmat lebih puas.

Masih penasaran dengan makanan khas Cilacap lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.