15+ Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia Yang Wajib Dibawa Pulang!!

Inilah beberapa oleh oleh khas Jogja selain Bakpia yang wajib dibawa pulang. Seperti yang kita ketahui, hampir semua orang yang pergi ke Jogja pasti menyempatkan diri untuk membeli bakpia sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Namun bukan hanya bakpia saja yang menarik dibeli di Jogja untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Masih banyak barang, makanan, dan jajanan khas Jogja lainnya yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh.

Mulai dari kain atau baju batik khas Jogja, hingga cokelat khas Jogja, dan masih banyak lagi lainnya. Lantas, apa saja oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia Yang Wajib Dibawa Pulang

#1. Geplak

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Geplak

Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang yang pertama yaitu Geplak. Geplak adalah salah satu jajanan tradisional khas Jogja berupa kue manis, yang berasal dari Kabupaten Bantul.

Jajanan berbentuk bulat berwarna-warni ini dibuat dari parutan kepala dan gula jawa atau gula pasir. Selain itu, jajanan ini sangat mudah ditemukan, karena banyak dijual di toko oleh oleh khas Jogja di Yogyakarta.

BACA JUGA: 9+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!

#2. Yangko

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Yangko

Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang berikutnya yaitu Yangko. Yangko juga merupakan jajanan manis, yang terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang cincang dan bertekstur kenyal mirip seperti kue moci khas Jepang.

Biasanya, Yangko dibuat dengan bentuk kotak. Dan untuk sekarang ini, warna jajanan yang satu ini cukup beragam dengan menyesuaikan rasa-rasa baru seperti strowberry, melon, durian, dan lain sebagainya.

#3. Baju Batik Atau Kain Batik

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Kain Batik

Sebagai salah satu kota penghasil batik terbaik di Indonesia, tentunya baju batik atau kain batik khas Jogja akan menjadi salah satu buruan para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh selain makanan seperti bakpia.

Umumnya, para wisatawan pergi ke Pasar Beringharjo untuk berburu baju batik khas Jogja atau kain batik khas Jogja yang sudah jadi. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

#4. Blangkon

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Blangkon

Kalau kamu membeli baju batik khas Jogja untuk dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang, kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak membeli blangkon, yaitu penutup kepala berbahan dasar kain batik.

Selain itu, blangkon ini juga cukup mudah ditemukan di kawasan Jogja, karena biasanya banyak dijual di toko-toko souvenir khas Jogja disekitar tempat wisatanya, atau di sepanjang Jalan Malioboro.

#5. Perak Khas Jogja

Tempat lain di Indonesia yang juga terkenal dengan penghasil kerajinan perak selain Pulau Bali adalah Jogja, atau lebih tepatnya di Kotagede, yang lokasinya berada di sebelah tenggara wilayah Jogja.

Berbagai bentuk kerajinan perak tersebut sangat mudah sekali ditemukan, karena di jalan utama Kotagede banyak berjejer toko-toko yang menjual berbagai bentuk kerajinan perak khas Jogja tersebut.

Saking terkenalnya, Bahkan banyak orang berkunjung kesana untuk mencari cincin kawin yang terbuat dari perak. Selain itu, kerajinan perak khas Jogja ini juga sudah menembus pasar mancanegara. Woow…

#6. Cokelat Khas Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Cokelat Monggo

Tidak hanya terkenal dengan oleh oleh tradisionalnya, Jogja juga cukup dikenal sebagai salah satu produsen cokelat lokal di Indonesia, yang rasanya tidak kalah dibandingkan dengan cokelat-cokelat impor.

Selain itu, rasa cokelat khas Jogja ini juga cukup bervariasi, mulai dari yang klasik hingga ke rasa buah-buahan. Biasanya, Monggo dan Ndalem adalah dua merk cokelat khas Jogja yang banyak dicari oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

#7. Salak Pondoh

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Salak Pondoh

Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang berikutnya yaitu Salah Pondoh. Salak Pondoh adalah salah satu jenis salak, yang banyak dibudidayakan di lereng Gunung Merapi kawasan Sleman, Yogyakarta.

Salak Pondoh ini terkenal dengan cita rasa manisnya yang natural, dan tidak terlalu asam. Selain itu, buah salak ini sangat mudah ditemukan, karena banyak dijual di kios-kios buah di sepanjang jalan Kota Sleman, Yogyakarta.

#8. Gerabah Kasongan

Desa Kasongan di Kabupaten Bantul, memang terkenal sebagai pusat industri gerabah di Yogyakarta. Di tempat ini, kamu bisa menemukan beberapa toko, yang menjual berbagai kerajinan gerabah khas Jogja.

Lebih menariknya lagi, Gerabah Kasongan ini juga bisa kamu beli secara online. Namun, jika membelinya langsung ke Desa Kasongan, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih murah.

#9. Surjan

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Surjan

Kalau kamu sudah membeli blangkon khas Jogja sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang, kamu juga wajib mempertimbangkan membeli Surjan, yaitu pakaian laki-laki khas Jogja dari kebudayaan Jawa Surjan.

Ada beberapa motif pakaian surjan seperti garis-garis, batik, polos, dan lainnya. Namun, motif yang paling populer dan sering dicari oleh para wisatawan adalah pakaian surjan yang bermotif garis-garis.

Masih ingin tahu oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibawa pulang lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.