15+ Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia Yang Wajib Dibawa Pulang!!

#10. Kaos Dagadu

Kalau Bali terkenal dengan ” Joger “, maka Jogja terkenal dengan ” Dagadu ” yaitu sebuah merk kaos gaul khas Jogja, yang terkenal dengan beragam tulisan-tulisan yang unik, lucu, dan terkadang sarkasme.

Kaos Dagadu ini sangat legendaris, karena sudah ada lebih dari 20 tahunan di Jogja, dan sudah dianggap sebagai salah satu oleh oleh khas Jogja yang wajib dibeli oleh para wisatawan untuk dibawa pulang.

Selain kaos, Dagadu juga memproduksi beragam souvenir lainnya seperti tas, gantungan kunci, mug, dan lainnya. Untuk mendapatkan produk Dagadu asli, kamu bisa membelinya di gerai resminya di Gedongkuning, Lower Ground Malioboro Mall, dan dekat Alun-Alun Utara.

#11. Patung Loro Blonyo

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Patung Loro Blonyo

Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang berikutnya yaitu Patung Loro Blonyo. Patung Loro Blonyo adalah sepasang patung pengantin yang mengunakan pakaian khas Jogja.

Konon katanya, Patung Loro Blonyo bisa membawa kebahagiaan bagi mereka yang sudah menikah. Jadi, tidak heran apabila patung ini banyak dijadikan sebagai kado untuk pengantin baru, atau hadiah untuk orang yang sudah menikah.

Lebih menariknya lagi, sekarang ini, Patung Loro Blonyo tidak hanya dibuat mengunakan baju pengantin saja, tapi juga ada Patung Loro Blonyo yang dibuat mengunakan pakaian surjan, kebaya, dan pakaian lainnya.

BACA JUGA: 14+ Tempat Instagramable di Kuala Lumpur Paling Rokemended!!

#12. Tasuba (Tahu Susu Bakso)

Tahu Susu Bakso atau lebih dikenal dengan nama ” Tasuba ” adalah salah satu oleh oleh khas Jogja berupa makanan yang cukup laris manis. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas dari Jogja.

Karena walaupun tidak mengunakan bahan pengawet apapun, Tasuba ini bisa awet hingga 6 bulan. Untuk membelinya, kamu bisa berkunjung ke gerai-gerai resminya, salah satunya di Jalan Laksda Adisucipto KM.7,6, Sleman, Yogyakarta.

#13. Mamahke Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Mamahke Jogja

Kalau yang satu ini sedang menjadi tren dikalangan wisatawan asing maupun penduduk lokal, yaitu Mamahke Jogja. Mamahke Jogja adalah oleh oleh khas Jogja berbentuk kue dengan beragam jenis rasa yang unik.

Toko Mamahke Jogja ini dimiliki oleh pasangan artis ibukota, yaitu Hanung Bramantyo dan Saskia Adya Mecca. Kalau penasaran dengan kue cake ini, kamu bisa membelinya di Kawasan Taman Sari, Yogyakarta.

#14. Gudeg Kaleng

Oleh Oleh Khas Jogja Selain Bakpia
Gudeg Kaleng

Gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang terkenal dengan kelezatannya di kalangan wisatawan. Hanya saja, Gudeg adalah makanan bersifat basah, sehingga sulit sekali jika dijadikan sebagai oleh oleh.

Namun jangan khawatir, karena sekarang ini, sudah ada Gudeg dalam bentuk kalengan dengan citarasa yang kurang lebih sama dengan aslinya. Gudeg Kalengan ini bisa tahan lama dibawa bepergian jauh.

#15. Peyek Tumpuk

Oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibeli untuk dibawa pulang yang terakhir yaitu Peyek Tumpuk. Peyek Tumpuk adalah cemilan berupa gorengan tepung beras, yang ditaburi dengan kacang, atau ikan teri.

Dinamakan Peyek Tumpuk, karena bentuknya yang bertumpuk-tumpuk satu sama lainnya, sehingga membuatnya tidak setipis peyek pada umumnya. Dan yang lebih penting, cemilan khas Jogja yang satu ini sangat ramah dikantong.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Jogja selain bakpia yang wajib dibelu untuk dibawa pulang. Namun, sebelum meninggalkan artikel ini, baca dulu 20+ Tempat Wisata di Ubud Yang Lagi Hits Dikalangan Wisatawan!!