7+ Oleh Oleh Khas Kebumen (Jawa Tengah) Yang Wajib Dibawa Pulang!!

Inilah beberapa oleh oleh khas Kebumen (Jawa Tengah) yang wajib dibawa pulang. Seperti diketahui, Kebumen adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yang cukup dikenal dengan potensi wisatanya.

Mulai dari tempat wisata alam seperti pantai, bukit, air terjun, goa, hingga tempat wisata kekinian yang sering dikunjungi wisatawan muda, ada di kabupaten yang memiliki semboyan ” Bhumi Tirta Prajamukti “ ini.

Nah, setelah puas menjelajahi beragam tempatnya tersebut, para wisatawan juga bisa membeli beragam jenis oleh oleh khas Kebumen untuk dibawa pulang, baik untuk sendiri, maupun untuk dihadiahkan kepada orang lain. Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Kebumen (Jawa Tengah) Yang Wajib Dibawa Pulang

#1. Lanting

Oleh Oleh Khas Kebumen
Lanting

Oleh oleh khas Kebumen (Jawa Tengah) yang wajib dibeli untuk dibawa pulang yang pertama yaitu Lanting. Lanting adalah salah satu jajanan khas Kebumen yang dibuat dari bahan dasar ketela pohon, atau singkong.

Jajanan khas berbentuk angka delapan ini sangat populer di Kabupaten Kebumen. Bahkan, saking populernya jajanan khas yang satu ini, sampai-sampai Kota Kebumen sering dijuluki sebagai ” Kota Lanting “.

Pada awalnya, jajanan ini hanya memiliki dua rasa, yakni rasa original, dan rasa bawang goreng. Namun dalam perkembangannya, kini memiliki beberapa varian rasa lainnya seperti rasa keju, jagung bakar, balado, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 9+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!

#2. Kerajinan Biji Pohon Jenitri

Oleh Oleh Khas Kebumen
Kerajinan Biji Pohon Jenitri

Oleh oleh khas Kebumen (Jawa Tengah) yang wajib dibeli untuk dibawa pulang berikutnya yaitu kerajinan dari biji pohon Jenitri. Kerajinan dari biji pohon Jenitri khas Kebumen ini terbilang ” cukup “ unik.

Pasalnya, di Kabupaten Kebumen, biji pohon Jenitri ini banyak diproduksi menjadi berbagai jenis kerajinan tangan, mulai dari gelang, kalung, hingga tasbih, dan beberapa jenis perhiasan menarik lainnya.

Cara pembuatannya pun cukup mudah, biji pohon Jenitri dikeringkan kemudian langsung dirangkai menjadi kerajinan tangan yang menarik. Konon katanya, biji pohon Jenitri ini mempunyai energi yang positif.

#3. Jipang

Jipang adalah salah satu cemilan manis khas Kebumen yang bisa bertahan lama, sehingga cocok dibeli untuk dibawa pulang, baik untuk diri sendiri, maupun dihadiahkan kepada orang lain sebagai oleh oleh.

Konon kabarnya, Jipang adalah salah satu makanan tradisional khas Kebumen yang masih diproduksi hingga sekarang dengan mempertahankan rasa aslinya. Bahan dasar pembuatannya pun sangat sederhana, yaitu kacang atau ketan, gula jawa, dan minyak sayur.

Dengan citarasa manis dengan sensasi lengket khas gula jawa ketika digigit, membuat cemilan khas Kebumen yang satu ini, banyak diminati oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

#4. Batik Kebumen

Oleh Oleh Khas Kebumen
Batik Kebumen

Sedikit berbeda dengan batik khas dari daerah Pulau Jawa lainnya, batik khas Kebumen tidak mengandung banyak falsafah didalam motifnya, tapi lebih kepada keadaan alam, dan kondisi di sekitarnya.

Umumnya, batik khas Kebumen memiliki motif tanaman dengan warna yang ” cenderung “ lebih gelap. Salah satu motif batik khas Kebumen yang terkenal dikalangan wisatawan, yaitu motif gringsing.

Batik khas Kebumen motif gringsing merupakan salah satu batik terhalus yang sudah diakui secara nasional, dan internasional. Beberapa daerah yang memproduksi batik khas Kebumen di antaranya adalah Jemur, Alian, Karang Poh, Gemeksekti, dan Tanuraksa.

#5. Gula Semut

Jika dilihat secara seklias, Gula Semut ini mirip sekali seperti Gula Merah yang dihaluskan. Namun, Gula Semut khas Kebumen ini mempunyai ” nilai ” yang lebih jika dibandingkan dengan Gula Merah pada umumnya.

Pasalnya, Gula Semut khas Kebumen merupakan gula organik. Dinama ” Gula Semut “, karena bentuk gula ini mirip seperti rumah semut atau sarang semut yang sering ditemukan di tanah.

Kabarnya, Gula Semut khas Kebumen ini tidak hanya dipasarkan di daerah Kebumen secara nasional saja, tapi juga sudah diekspor ke beberapa negara seperti Turki, Swedia, Ukraina, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

#6. Emping

Oleh Oleh Khas Kebumen
Emping

Kabupaten Kebumen juga cukup terkenal dengan produksi emping, yaitu salah satu cemilan, atau makanan ringan khas Kebumen berupa keripik yang terbuat dari bahan dasar biji buah melinjo, atau belinjo.

Kawasan Kecamatan Ambal, dan Kecamatan Buluspesantren adalah kawasan yang banyak terdapat kebun melinjo, atau belinjo. Dimana, ketika musim panen buah melinjo, atau belinjo tiba, produksi emping akan melimpah di dua kecamatan tersebut.

#7. Sale Pisang

Oleh oleh khas Kabupaten Kebumen (Jawa Tengah) yang juga wajib dipertimbangkan dibeli untuk kamu bawa pulang, yaitu Sale Pisang. Sale Pisang adalah salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen.

Sesuai dengan namanya, Sale Pisang adalah salah satu makanan khas Kebumen yang terbuat dari buah pisang dengan bentuk yang ” cukup “ tipis, namun mempunyai citarasa yang manis, dan gurih di lidah.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Kebumen (Jawa Tengah) yang wajib dibeli untuk dibawa pulang. Baca juga +7 Makanan Khas Dieng (Wonosobo) Yang Wajib Dicicipi!!.