9+ Oleh Oleh Khas Kediri Yang Wajib Dibeli Wisatawan!!

Inilah beberapa oleh oleh khas kediri yang wajib dibeli wisatawan. Seperti diketahui, Kediri adalah kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Kota Malang, dan Kota Surabaya yang merupakan ibukota Jawa Timur.

Sebagai kota yang cukup besar, tentunya ada beberapa tempat wisata di Kediri yang menarik dikunjungi. Dan hal yang wajib dilakukan setelah mengunjungi berwisatanya, adalah membeli oleh oleh untuk dibawa pulang.

Entah itu oleh oleh untuk diri sendiri, maupun untuk keluarga, kerabat, teman, kolega, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja oleh oleh khas Kediri yang wajib dibeli wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Kediri Yang Wajib Dibeli Wisatawan

#1. Stik Tahu

Oleh Oleh Khas Kediri
Stik Tahu

Oleh oleh khas Kediri yang wajib dibeli wisatawan pertama yaitu Stik Tahu. Perlu kalian ketahui, Kediri mempunyai beberapa varian cemilan yang berbahan dasar tahu, salah satunya adalah Stik Tahu.

Cemilan yang satu ini terkenal gurih, dan memilili tekstur yang lembut namun tetap kripsi ketika digigit. Selain sebagai cemilan, Stik Tahu juga sangat cocok dijadikan sebagai lauk untuk dimakan bersama nasi.

Lantas, dimana tempat yang menjual Stik Tahu di Kediri? Para wisatawan bisa membeli cemilan khas Kediri ini di beberapa toko khusus oleh oleh di kawasan Kota Kediri seperti di Jalan Pattimura, dan Jalan Yos Sudarso.

BACA JUGA: 16+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya!!

#2. Tahu Takwa

Oleh Oleh Khas Kediri
Tahu Takwa

Oleh oleh khas Kediri yang wajib dibeli wisatawan berikutnya yaitu Tahu Takwa, atau dikenal juga dengan nama ” Tahu Kuning “. Kurang lebih sama dengan Stik Tahu, oleh oleh yang satu ini juga berbahan dasar tahu.

Tahu Takwa atau Tahu Kuning ini berbeda dengan tahu pada umumnya, dimana Tahu Takwa lebih padat. Ketika digoreng, bagian luarnya akan kering dan kriuk, sedangkan bagian dalamnya tetap lembut.

Tahu Takwa ini sudah menjadi salah satu buah tangan khas Kediri sejak tahun 90-an. Biasanya, Tahu Takwa ini dikemas dengan kotak yang terbuat dari anyaman bambu dengan tujuan agar lebih muda dibawa pulang.

#3. Keripik Bekicot

Banyak orang yang merasa jijik dengan hewan yang banyak ditemukan ketika musim hujan ini. Namun siapa yang menyangka, kalau hewan ini bisa diolah menjadi makanan, salah satunya adalah Keripik Bekicot khas Kediri.

Namun kamu jangan khawatir, hewan sejenis siput ini sudah diolah secara bersih dan higienis sampai menjadi Keripik Bekicot. Sehingga, salah satu makanan ekstrim Kediri ini aman dikomsumsi oleh siapapun.

Selain dijadikan keripik, Bekicot juga sering dijadikan sate di Kediri. Namun yang cocok dijadikan sebagai oleh oleh adalah Keripik Bekicot, karena bisa lebih awet dan tahan lama untuk dibawa pulang.

#4. Gethuk Pisang

Oleh Oleh Khas Kediri
Gethuk Pisang

Bukan hanya tahu saja! Kota Kediri juga mempunyai makanan khas dari olahan buah pisang yang juga sering dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan, yaitu Gethuk Pisang.

Jika kamu ingin membeli Gethuk Pisang untuk dijadikan oleh oleh! Kamu bisa mengunjungi beberapa toko khusus oleh oleh di kawasan Kota Kediri seperti di Jalan Ngadisimo Utara I, Jalan Pattimura, dan Jalan Dhoho.

Namun, kamu harus hati-hati dalam membeli Gethuk Pisang ini. Pasalnya, ada beberapa penjual yang menjual Gethuk Pisang dengan bungkus daun pisang yang super tebal, sehingga isinya hanaya sedikit saja.

#5. Kopi Berontoseno

Bagi kalian yang suka dengan kopi, terutama bagi para pecinta kopi hitam? Maka kalian wajib mempertimbangkan untuk mencoba mencicipi Kopi Berontoseno, yaitu salah satu kopi khas Kota Kediri.

Kopi Berontoseno ini mempunyai aroma yang sangat menyengat, sehingga tidak mengherankan banyak yang menyukai kopi ini. Selain itu, harga kopi yang satu ini juga sangat terjangkau untuk semua kalangan.

#6. Tahu Pong

Oleh Oleh Khas Kediri
Tahu Pong

Selain Stik Tahu, dan Tahu Takwa, atau Tahu Kuning, ada satu lagi oleh oleh khas Kediri yang berbahan dasar tahu yang juga wajib dipertimbangkan untuk dibeli oleh para wisatawan, yaitu Tahu Pong.

Jajanan khas Kediri yang satu ini lebih nikmat disantap dalam keadaan masih hangat, akan lebih nikmat lagi jika dimakan dengan cara dicocol ke sambal petis, atau dimakan langsung bersama cabai rawit.

Jika kamu ingin membeli jajanan ini sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang? Kamu bisa membelinya di beberapa tempat yang menjual Tahu Pong di Kediri, seperti di Jalan Trunojoyo, dan Jalan Yos Sudarso.

#7. Tenun Ikat Bandar

Bukan hanya makanan saja? Kota Kediri juga mempunyai beberapa cinderamata khas yang juga layak dipertimbangkan dibeli untuk dijadikan sebagai oleh oleh, salah satunya adalah Tenun Ikat Bandar.

Tenun ikat merupakan salah satu kriya tenun khas Indonesia yang berasal dari helaian benang pakan atau kain tenun, dan benang lungsin yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam zat perwarna alami.

Sedangkan, Tenun Ikat Bandar adalah tenun ikat khas Kediri yang dibuat langsung oleh masyarakat di Desa Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Biasanya, Tenun Ikat Bandar digunakan sebagai pelengkap busana, penghias interior rumah, dan pelapis mebel.

#8. Cokelat Tempe

Oleh Oleh Khas Kediri
Cokelat Tempe

Sebagian orang yang baru pertamakali mendengar namanya, mungkin akan menganggap makanan yang satu ini sangat aneh. Walaupun sebenarnya, rasa cokelat tempe khas Kediri ini tidak seaneh kedengarannya.

Pasalnya, tempe yang biasanya dimasak sebagai lauk makanan ini diolah dengan cara diiris tipis seperti keripik, kemudian diberi toping cokelat. Salah satu merk cokelat tempe khas Kediri, adalah Niki.

#9. Sambal Tumpang

Oleh oleh khas Kediri yang wajib dibeli oleh para wisatawan yang terakhir yaitu Sambal Tumpang. Sambal Tumpang merupakan salah satu sambal khas Kota Kediri yang dibuat dari bahan dasar tempe.

Biasanya, sambal ini disajikan bersama dengan nasi pecel khas Kediri, sehingga namanya pun sering disebut sebagai ” Nasi Pecel Sambal Tumpang “, karena yang digunakan bukan sambal kacang seperti pada nasi pecel pada umumnya.

Jika ingin menjadikan Sambal Tumpang sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang! Maka belilah Sambal Tumpang dalam bentuk kemasan, karena lebih mudah dibawa ketika menempuh perjalanan yang jauh.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Kediri yang wajib dibeli oleh para wisatawan ketika mengunjungi kota berjuluk ” Kota Tahu ” ini. Baca juga 4+ Tempat Wisata Kebun Apel di Malang Yang Seru Untuk Liburan!!.