7+ Oleh Oleh Khas Madiun (Jawa Timur) Selain Sambel Pecel!!

Inilah beberapa oleh oleh khas Madiun (Jawa Timur) selain Sambal Pecel. Perlu diketahui, Madiun adalah salah satu kota di Jawa Timur, yang cukup dikenal dengan beberapa tempat wisata yang sedang hits dikunjungi wisatawan.

Disamping itu, kota yang dijuluki sebagai ” Kota Gadis ” ini juga terkenal dengan Sambel Pecel-nya. Dimana, Sambel Pecel khas Madiun ini sering dibeli oleh para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh khas dari Kota Madiun.

Namun tahukah kamu? Kalau Kota Madiun itu memiliki beberapa oleh oleh khas selain Sambel Pecel, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dibeli. Lantas, apa saja oleh oleh khas Madiun (Jawa Timur) selain Sambel Pecel tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Oleh Oleh Khas Madiun (Jawa Timur) Selain Sambal Pecel

#1. Sambel Pecel

Oleh Oleh Khas Madiun
Sambel Pecel

Seperti yang disebutkan diatas, Sambel Pecel adalah oleh oleh paling banyak diminati oleh wisatawan di Madiun. Pasalnya, Sambel Pecel khas Madiun ini memiliki citarasa khas yang tidak dimiliki oleh sambel dari daerah lain di Indonesia.

Bahan pembuatan Sambel Pecel ini terdiri dari kacang tanah, cabai, dan daun jeruk, serta beberapa bumbu rempah-rempah lainnya, sehingga menghasilkan sambel dengan citarasa yang manis dan pedas.

Kabar baiknya, Sambel Pecel adalah oleh oleh yang sangat mudah ditemukan di Kota Madiun. Pasalnya, hampir semua toko oleh oleh di Kota Madiun pasti ada menjual Sambel Pecel khas Madiun ini.

BACA JUGA: 33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

2. Brem

Oleh Oleh Khas Madiun
Brem

Oleh oleh khas Madiun (Jawa Timur) selain Sambel Pecel berikutnya yaitu Brem. Brem adalah salah satu makanan khas Madiun, yang dibuat dari sari ketan hitam, yang sudah difermentasikan sedemikian rupa.

Citarasa makanan ini lebih didominasi oleh rasa manis dengan sedikit rasa asam. Dulunya, brem hanya mempunyai rasa original, namun dalam perkembangannya, saat ini sudah tersedia beberapa varian rasa.

Mulai dari cokelat, strowberry, jeruk, melon, dan lain sebagainya. Bagi para pecinta makanan dengan citarasa perpaduan antara rasa manis dan rasa asam, wajib mencicipi makanan khas dari Kota Madiun ini.

#3. Krupuk Puli

Di Kota Madiun, ada kerupuk khas yang biasa disebut dengan nama ” Kerupuk Lempeng “ atau kadang juga disebut dengan nama ” Kerupuk Puli “. Kerupuk khas Madiun ini dibuat dengan bahan dasar nasi.

Kerupuk Puli atau Kerupuk Lempeng ini memiliki citarasa yang gurih, sehingga enak dijadikan sebagai cemilan untuk dimakan ketika sedang bersantai, dan enak juga dijadikan sebagai lauk makanan.

Lebih menariknya lagi, Kerupuk Puli, atau Kerupuk Lempeng ini banyak dijual di toko oleh oleh di Kota Madiun. Biasanya, kerupuk ini dijual dalam bentuk mentah, dan ada juga yang dijual dalam bentuk sudah digoreng.

#4. Madumongso

Oleh Oleh Khas Madiun
Madumongso

Kurang lebih sama dengan Brem, Madumongso juga merupakan salah satu makanan khas Madiun yang dibuat dari ketan hitam, dan diolah menjadi tape, kemudian dimasak bersama dengan campuran gula, dan santan.

Dulunya, Madumongso hanya disajikan ketika hari besar saja seperti Hari Raya Idul Fitri, atau Hari Raya Idul Adha. Namun belekangan, makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan di toko oleh oleh di Kota Madiun.

Sekilas, makanan khas Madiun yang satu ini mirip seperti dodol, yaitu salah satu jajanan khas Garut, dengan kemasan yang lebih cantik berwarna-warni.

5. Roti Bluder Cokro

Kota Madiun juga memiliki kuliner khas legendaris yang kabarnya sudah ada sejak tahun 1889 silam, yaitu Roti Bluder Cokro. Roti Bluder Cokro adalah roti khas Belanda yang dikemas dengan citarasa lokal.

Lebih menariknya lagi, Roti Bluder Cokro memiliki banyak sekali varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera masing-masing, mulai dari rasa keju, kacang, kismis, strowberry, nutela, abon, dan lain sebagainya.

Disamping itu, roti ini juga dibuat tanpa bahan pengawet apapun. Walaupun tanpa bahan pengawet, namun roti ini bisa tahan lama, yaitu sekitar 6 hari, sehingga cocok dijadikan untuk bekal perjalanan jauh.

#6. Kue Manco

Oleh Oleh Khas Madiun
Kue Manco

Umumnya, Kue Manco ini ada tiga jenis, yaitu Kue Manco Beras, Kue Manco Wijen, dan Kue Manco Kacang. Dimana, ketiga jenis Kue Manco tersebut sama-sama dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Konon katanya, kue khas Madiun yang satu ini tidak bisa dibuat di daerah lain selain di daerah Madiun, khususnya di daerah Grogol, Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Biasanya, kue yang sangat nikmat dijadikan sebagai cemilan ketika bersantai ini banyak dijual di toko khusus oleh oleh di Kota Madiun dengan kisaran harga antara Rp 10.000 – Rp 20.000 perbungkusnya.

#7. Kue Semprong

Yang terakhir yaitu Kue Semprong. Kue Semprong adalah salah satu makanan ringan khas Madiun yang dibuat dari campuran tepung tapioka, gula merah, dan kelapa.

Kue Semprong khas Madiun ini sangat cocok dibeli untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Pasalnya, kue ini bisa bertahan hingga 8 bulan bila dikemas secara tertutup. Selain itu, citarasanya juga sangat gurih dan renyah.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa oleh oleh khas Madiun (Jawa Timur) selain Sambel Pecel yang wajib dipertimbangkan dibeli untuk dibawa pulang. Baca juga 9+ Oleh Oleh Khas Kediri Yang Wajib Dibeli Wisatawan!!.