9+ Pasar Terapung di Bangkok Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa pasar terapung di Bangkok yang menarik dikunjungi. Seperti diketahui, Bangkok adalah salah satu kota di Thailand, yang memiliki beragam tempat wisata, salah satunya adalah pasar terapung.

Pasar terapung adalah salah satu pusat perbelanjaan tradisional khas Thailand, yang aktivitas jualbelinya dilakukan diatas air seperti di laut, sungai, atau danau, dengan mengunakan sampan sebagai alat transportasinya.

Ada banyak pasar terapung di Kota Bangkok, yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan wisata belanja. Lantas, seperti apa saja pasar terapung di Bangkok yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Pasar Terapung di Bangkok Yang Menarik Dikunjungi

#1. Damnoen Saduak Floating Market

Pasar Terapung di Bangkok
Damnoen Saduak Floating Market

Pasar terapung di Bangkok yang menarik dikunjungi pertama yaitu Damnoen Saduak Floating Market. Pasar terapung yang sudah ada sejak tahun 1866 silam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Selain bisa membeli berbagai jenis makanan khas Thailand, buah-buahan, dan beberapa sovenir menarik lainnya, pengunjung juga bisa dengan bebas mengeksplorasi pasar terapung ini seperti foto selfie, membuat vlog, dan lain sebagainya.

Agar lebih nyaman dalam berbelanja, datanglah sebelum banyak orang berkunjung, yaitu pagi hari. Hanya saja, jarak pasar terapung ini cukup jauh dari pusat Kota Bangkok, yaitu kurang lebih sekitar 110 km.

#2. Amphawa Floating Market

Pasar Terapung di Bangkok
Amphawa Floating Market

Pasar terapung di Bangkok yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Amphawa Floating Market. Dilihat dari segi ukuran, pasar terapung ini memang lebih kecil dibanding dengan pasar terapung lainnya yang ada di Kota Bangkok.

Tapi, suasasa di Amphawa Floating Market lebih otentik (orisinal) dibandingkan dengan pasar terapung lainnya di Kota Bangkok. Pasalnya, sebagian besar pengunjung pasar terapung ini adalah orang-orang asli Thailand.

Biasanya, para pedagang di pasar terapung ini, khusus para pedagang kuliner, melayani para pengunjung dari siang hingga malam dengan cara menyandarkan perahu-perahu mereka dipinggiran sungai.

#3. Taling Chan Floating Market

Pasar Terapung di Bangkok
Taling Chan Floating Market

Walaupun ukuran pasar terapung ini lebih kecil dibandingkan Damnoen Saduak Floating Market. Namun, pasar terapung ini menarik dikunjungi karena lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Bangkok, yakni sekitar 12 km saja.

Ada banyak hal yang bisa dieksporasi di Taling Chan Floating Market ini, seperti mencicipi berbagai jenis makanan khas Thailand, atau mencicipi berbagai jenis makanan seafood, sambil ditemani alunan musik etnik.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa membeli barang-barang lainnya, mulai dari berbagai jenis tanaman hingga dekorasi rumah. Agar lebih nyaman dalam berbelanja, berkunjunglah sebelum pasar terapung ini ramai, yakni sebelum jam 10 pagi.

#4. Khlong Lat Mayom Floating Market

Selain Taling Chan Floating Market, ada satu lagi pasar terapung yang cukup dekat dari pusat Kota Bangkok, yaitu Khlong Lat Mayom Floating Market. Pasar terapung ini hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Bangkok.

Kuliner khas Thailand adalah salah satu menu andalan di Khlong Lat Mayom Floating Market. Ada banyak menu makanan yang bisa kamu pilih di pasar terapung ini, mulai dati Hoi Tod, Pad Thai, Kanom Jeen, hingga Noodle Soups, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, pasar terapung ini adalah salah satu tempat terbaik bagi wisatawan asing, yang ingin berinteraksi dengan warga lokal yang terkenal dengan keramahtamahan kepada siapapun secara langsung.

#5. Bang Nam Pheung Floating Market

Pasar Terapung di Bangkok
Bang Nam Pheung Floating Market

Bang Nam Pheung Floating Market ini memang dikategorikan sebagai pasar terapung. Namun penduduk setempat disana lebih suka menyebutkan sebagai Riverside Market atau pasar dipinggiran sungai.

Karena di Bang Nam Pheung Floating Market ini tidak banyak perahu yang ditambatkan sebagai tempat berdagang. Justru ada banyak toko dan warung pemanen yang digunakan untuk berdagang dipinggiran sungai.

Walaupun pasar terapung ini berukuran kecil, namun karena jaraknya dari pusat Kota Bangkok cukup dekat, yaitu sekitar 20 km, sehingga Bang Nam Pheung Floating Market tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

#6. Wat Sai Floating Market

Pasar terapung di Bangkok yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Wat Sai Floating Market. Wat Sai Floating Market adalah satu tempat yang selalu menjadi incaran wisatawan asing untuk mereka kunjungi.

Karena, selain bisa melihat serunya aktivitas jual beli di pasar terapung, para wisatawan asing juga bisa melihat secara langsung warna-warni kehidupan masyarakat lokal di Wat Sai Floating Market ini.

Disamping itu, disekitar lokasi Wat Sai Floating Market ini juga terdapat beberapa kuil, yang merupakan tempat ibadah umat budha. Pasar terapung ini hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Bangkok.

#7. Bang Khu Wiang Floating Market

Bang Khu Wiang Floating Market adalah sebuah pasar terapung yang masih sangat tradisional sekali di Bangkok. Selain itu, pasar terapung ini jarang dikunjungi wisatawan asing, sehingga terlihat sekali keotentikannya.

Aktivitas menarik di pasar terapung ini dimulai sejak pagi buta, atau lebih tepatnya dimulai dari jam 4 pagi, dimana pada saat itu, pasti ada beberapa biksu yang berkunjung ke pasar terapung ini untuk menerima sedekah.

Untuk mengunjungi Bang Khu Wiang Floating Market ini, kamu bisa menumpang ke sebuah perahu dari pelabuhan Wat Chalo di Bangkok. Pelabuhan Wat Chalo ini beroperasi mulai jam 5 pagi, dan perahu akan datang setiap 15 menit sekali.

#8. Tha Kha Floating Market

Pasar Terapung di Bangkok
Tha Kha Floating Market

Selain Bang Khu Wiang Floating Market, dan Khlong Lat Mayom Floating Market, ada satu lagi pasar terapung di Bangkok, yang masih terlihat sekali keotentikannya, yaitu Tha Kha Floating Market.

Walaupun dari segi ukuran, pasar terapung ini masih kalah jauh dari Damnoen Saduak Floating Market, dan barang-barang yang diperjualbelikan disini masih terbatas, namun suasana pasar terapung ini lebih tenang.

Buat yang ingin mengunjungi pasar terapung ini, harap dicatat waktu operasionalnya yaitu setiap 4-5 hari sekali, tergantung fase pergerakan bulan. Jadi, periksa terlebih dulu jadwal operasionalnya sebelum berkunjung.

#9. Bang Khla Floating Market

Mungkin, Bang Khla Floating Market adalah salah satu pasar terapung paling picturesque di Kota Bangkok. Karena pasar terapung yang satu ini dipenuhi dengan segala pesona yang dimiliki Kota Bangkok.

Hanya saja, jarak pasar terapung ini cukup jauh dari pusat Kota Bangkok, yaitu sekitar 100 km. Namun, kamu bisa mengunjungi Bang Khla Floating Market ini mengunakan jasa taksi dari pusat Kota Bangkok.

Di tempat ini, kamu akan pasti mendapatkan pemandangan yang sangat otentik. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beragam jenis makanan seafood di Bang Khla Floating Market ini, dengan pemandangan beberapa pohon mangrove yang tumbuh dipinggiran sungai

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa pasar terapung di Bangkok yang menarik dikunjungi. Kalau kamu sedang berencana menjelajahi negara Thailand, ada baiknya baca juga 13+ Tempat Instagramable di Bangkok Yang Harus Kamu Kunjungi!! dan 14+ Tempat Wisata di Hatyai Yang Paling Menarik Dikunjungi!!.