11+ (Candi, Arca, dan Prasasti) Peninggalan Kerajaan Singasari!!

Inilah beberapa candi, arca, dan prasasti peninggalan Kerajaan Singasari yang menarik dikunjungi. Perlu kalian ketahui, Singasari adalah salah satu kerajaan yang pernah berdiri di kawasan Jawa Timur.

Kerajaan Singasari, atau sering juga ditulis ” Singosari “ ini didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222 masehi. Dimana, masa kejayaan Kerajaan Singasari ketika dipimpin oleh Raja Kertanagara (1268-1292).

Ada beberapa bangunan yang membuktikan keberadaan kerajaan ini seperti candi, arca, prasasti, dan lainnya. Lantas, apa saja candi, arca, dan prasasti peninggalan Kerajaan Singasari tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Candi, Arca dan Prasasti Peninggalan Kerajaan Singasari Yang Menarik Dikunjungi

#1. Candi Singosari

Peninggalan Kerajaan Singasari
Candi Singosari

Peninggalan Kerajaan Singasari yang pertama yaitu Candi Singosari. Candi Singosari ini berada diantara lembah Gunung Tengger, dan Gunung Arjuna, atau lebih tepatnya di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Diperkirakan, kalau candi ini belum selesai dibangun, dan berdasarkan penyebutannya pada prasasti Gajah Mada, dan Kitab Negarakertagama, diperkirakan candi ini merupakan tempat pendharmaan bagi Raja Kertanegara.

Dimana diketahui, Raja Kertanegara mangkat (meninggal dunia) pada tahun 1292 masehi, akibat istana kerajaannya diserang oleh sekelompok pasukan pemberontak yang dipimpin oleh Jayakatwang.

BACA JUGA: +15 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Diketahui

#2. Candi Jago

 Peninggalan Kerajaan Singasari
Candi Jago

Candi peninggalan Kerajaan Singasari berikutnya yaitu Candi Jago. Candi yang berada di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini disusun seperti teras punden berundak.

Berdasarkan Kitab Pararaton, dan Nagarakertagama, nama Candi Jago ini sebenarnya adalah ” Candi Jajaghu “. Dimana nama ” Jajaghu “ tersendiri merupakan sebutan untuk sebuah tempat suci yang bermakna ” Keagungan “.

Tujuannya dibangun Candi Jago ini adalah sebagai tempat pendharmaan bagi Raja Wisnuwardhana, yaitu salah satu raja dari Kerajaan Singasari, yang mangkat atau meninggal dunia pada tahun 1268 masehi.

#3. Arca Dwarapala

Menurut penjaga situs Arca Dwarapala, arca yang memiliki bentuk seperti monster berukuran ” cukup “ besar ini merupakan sebuah tanda memasuki wilayah Kotaraja Singasari, yaitu ibukota Kerajaan Singasari.

Walaupun Arca Dwarapala sebagai salah satu tanda memasuki wilayah Kotaraja Singasari. Namun sampai sekarang belum diketahui secara pasti dimana tepatnya lokasi Kotaraja Singasari tersebut berada.

#4. Candi Sumberawan

Peninggalan Kerajaan Singasari
Candi Sumberawan

Candi yang lokasinya berada di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di kawasan Jawa Timur.

Pada masa pemerintahan Kerajaan Singasari, Candi Sumberawan ini digunakan oleh umat budha sebagai tempat ibadah. Disamping itu, disekitar candi juga terkenal dengan pemandangana alam yang indah.

Pasalnya, Candi Sumberawan ini dekat dengan sebuah telaga yang memiliki air yang sangat bening sekali. Berkat kondisi alam disekitarnya inilah yang membuat candi ini diberi nama ” Candi Sumberawan “.

#5. Prasastri Singasari

Selain candi, Kerajaan Singasari juga meninggalkan beberapa prasasti, salah satunya adalah Prasastri Singasari. Prasastri yang bertanggal pada tahun 1351 masehi ini ditemukan di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Prasasti yang dikenal juga dengan nama ” Prasasti Gajah Mada “ ini ditulis dengan aksaea jawa untuk mengenang sebuah pembangunan candi pemakaman yang dilakukan oleh Mahapatih Gajah Mada.

Jika kamu penasaran dengan Prasasti Singasari ini? Kamu bisa melihat secara langsung di Museum Gajah atau Museum Nasional Republik Indonesia di Medan Merdeka Barat No.12, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta.

#6. Candi Jawi

Peninggalan Kerajaan Singasari
Candi Jawi

Candi peninggalan Kerajaan Singasari selanjutnya yaitu Candi Jawi. Candi Jawi ini berada di Jalan Raya Candiwates, Dusun Jawi, Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Awalnya, banyak yang mengira kalau candi ini difungsikan sebagai tempat ibadah atau tempat pemujaan agama budha. Namun sebenarnya, candi ini merupakan tempat penyimpanan abu dari raja terakhir Kerajaan Singasari, yaitu Raja Kertanegara.

Dimana diketahui, sebagian abu dari Raja Kertanegara juga disimpan di Candi Singasari. Baik Candi Jawi, maupun Candi Singasari memiliki hubungan yang cukup erat dengan Candi Jago yang merupakan tempat peribadahan Raja Kertanegara.

#7. Prasasti Wurare

Prasasti Wurare adalah salah satu prasasti Kerajaan Singasari yang bertuliskan dalam bahasa Sansekerta dengan isi tentang peringatan penobatan Arca Mahaksobhya di sebuah tempat bernama Wurare.

Dimana, Arca Mahaksobhya dibuat sebagai bentuk penghormatan atau perlambangan bagi Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari, yang dianggap sebagai orang yang sudah mencapai derajat jina (budha agung).

Prasasti yang ditulis pada tahun 1211 Saka atau pada tahun 1289 masehi ini bisa dilihat di Taman Apsari, yang berada di Jalan Taman Apsari no 63, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya.

#8. Candi Kidal

Peninggalan Kerajaan Singasari
Candi Kidal

Berdasarkan dalam Kita Pararaton, Candi Kidal disebut sebagai tempat perdarmaan bagi Raja Anusapati, yaitu salah satu raja di Kerajaan Singasari yang memerintah selama 20 tahun (1227 – 1248 masehi).

Candi yang lokasnya berada di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini diperkirakan selesai dibangun pada tahun 1260 masehi dengan struktur bangunan berundak-undak.

#9. Prasasti Manjusri

Prasasti Manjusri adalah sebuah manuskrip yang diukirkan pada bagian belakang Arca Manjusri, yang ditemukan pada Candi Jago, dan sekarang prasasti ini disimpan di Museum Nasional Republik Indonesia, Kota Jakarta.

Prasasti yang diperkirakan ditulis pada tahun 1343 masehi ini berisi tentang penempatan sebuah Arca Manjusri oleh Adityawarman di tempat pendarmaan Jina pada tahun 1265 saka, atau pada tahun 1343 masehi.

#10. Candi Songgoriti

Peninggalan Kerajaan Singasari

Kalau candi yang satu ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Pasalnya, Candi Songgoriti ini berada di Taman Songgoriti di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Dimana, para pengunjung Taman Songgoriti tersebut lebih tertarik berkunjung ke pemandian air panasnya daripada ke Candi Songgoriti. Disamping itu, Taman Songgoriti juga sangat indah, sehingga orang enggan berkunjung ke Candi Songgoriti ini.

Berdasarkan sejarahnya, Candi Songgoriti ini dibangun oleh Mpu Supo atas perintah langsung Raja Sindok sebagai salah satu tempat peristirahatan keluarga kerajaan dengan pemandangan yang sangat indah.

#11. Prasasti Mula Malurung

Selain Prasastri Singasari, Prasasti Wurare, dan Prasasti Manjusri, ada satu lagi prasasti peninggalan Kerajaan Singasari, yaitu Prasasti Mula Malurung di Museum Nasional Republik Indonesia, Kota Jakarta.

Prasasti Mula Malurung merupakan sebuah piagam penganugerahan Desa Malurung, dan Desa Mula kepada seorang tokoh bernama Pranaraja pada tahun 1255 oleh Raja Kertanegara sebagai raja muda di Singasari.

Prasasti yang terdiri dari beberapa lempengan ini ditemukan di dua waktu yang berbeda, dimana 10 lempengan pertama ditemukan pada tahun 1975, dan ditemukan lagi 3 lempengan pada tahun 2001 silam.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa candi, arca, dan prasasti peninggalan Kerajaan Singasari yang menarik untuk dikunjungi. Baca juga 33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!.