+10 Tempat Wisata di Hanoi (Vietnam) Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi. Seperti diketahui, Hanoi adalah ibukota negara Vietnam, sekaligus menyandang sebagai salah satu kota terbesar di negara tersebut.

Sebagai ibukota negara, sekaligus sebagai salah satu kota besar di Vietnam, tentunya ada banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi di kota yang dijuluki sebagai ” Kota Seribu Danau ” tersebut.

Mulai dari tempat wisata sejarah, hingga tempat wisata alam, dan lain sebagainya ada di kota ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Hanoi (Vietnam) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Danau Ho Tay

Tempat Wisata di Hanoi
Danau Ho Tay

Tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Danau Ho Tay. Seperti yang disebutkan diatas, Hanoi dijuluki sebagai ” Kota Seribu Danau “ karena memiliki banyak danau, salah satunya adalah Danau Ho Tay.

Awalnya, danau seluas kurang lebih 400 hektar ini tidak mempunyai nama, hal ini dikarenakan, ada banyak danau di sekitar Kota Hanoi. Namun, pada abad ke-15, barulah danau ini diberi nama ” Danau Ho Tay “.

Salah satu hal yang paling menarik di danau ini, yaitu memiliki pemandangan sunset (matahari terbenam) yang sangat bagus. Bukan hanya itu saja, para pengunjung juga bisa memancing di Danau Ho Tay ini.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Ho Chi Minh City Yang Wajib Dikunjungi!!

#2. Hanoi Military Museum

Tempat Wisata di Hanoi
Hanoi Military Museum

Tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Hanoi Military Museum. Hanoi Military Museum adalah sebuah museum yang berisi berbagai jenis peralatan perang tentara Vietnam.

Di museum ini, para pengunjung akan melihat berbagai jenis peralatan perang seperti Helikopter, Tank, dan lainnya, yang dulunya pernah dipergunakan oleh tentara Vietnam untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Bukan hanya peralatan perang saja, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan berbagai foto aksesoris, peta, dan benda-benda bersejarah lainnya yang menjadi kenangan-kenangan pada masa perjuangan kemerdekaan.

#3. Danau Hoan Kiem

Tempat Wisata di Hanoi
Danau Hoan Kiem

Selain Danau Ho Tay, ada satu lagi danau di Hanoi yang juga menarik dikunjungi, yaitu Danau Hoan Kiem. Danau yang berada di tengah Kota Hanoi ini cukup terkenal, dan tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Nama danau tersebut berasal dari cerita legenda tentang kura-kura sakti di danau ini yang memberikan sebuah pedang kepada kaisar sebagai senjata untuk melawan dan mengusir penjajahan China.

Setelah bebas dari penjajahan China, kaisar pun mengembalikan pedang tersebut kepada kura-kura sakti di danau ini. Nah, cerita uniknya ini membuat banyak para wisatawan yang penasaran dengan danau ini.

#4. Temple of Literature

Tempat Wisata di Hanoi
Temple of Literature

Temple of Literature adalah sebuah kuil yang biasa disebut dengan ” Imperial College “. Dulunya, selain digunakan sebagai tempat ibadah, kuil ini juga digunakan sebagai tempat belajar oleh para putra mahkota kerajaan.

Kuil ini juga tercatat sebagai universitas pertama, dan tertua di Vietnam yang dibangun pada abad ke-11. Menurut sejarah, kuil ini dibangun untuk para konfusius, dan guru, serta para muridnya di Kota Hanoi.

#5. Ho Chi Minh Mausoleum

Ho Chi Minh Mausoleum adalah sebuah museum yang dibangun untuk menghormati Presiden Ho Chi Minh yang sudah dianggap berhasil memperjuangkan kemerdekaan negara Vietnam pada masanya.

Ho Chi Minh adalah pemimpin partai komunis Vietnam yang mendeklarasikan berdirinya negara Vietnam pada tanggal 2 September 1945, hanya beberapa bulan setelah deklarasi kemerdekaan Indonesia.

Museum ini bisa dikunjungi secara gratis, namun perlu diingat, peraturan di museum ini cukup ketat. Misalnya, para pengunjung diwajibkan mengunakan pakaian yang sopan, tidak diperbolehkan mengambil foto sembarangan, menunjuk jari, dan lain sebagainya.

#6. Pagoda Tran Quoc

Tempat Wisata di Hanoi
Pagoda Tran Quoc

Tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Pagoda Tran Quoc. Pagoda Tran Quoc adalah kuil tertua budha tertua di Hanoi, yang dibangun antara tahun 544 hingga tahun 548 pada masa pemerintahan Kaisar Ly Nam Dee.

Pada awalnya, pagoda ini bernama ” Khai Quoc ” dan lokasinya berada di pinggiran Sungai Merah. Namun pada tahun 1615, pagoda ini dipindahkan ke sebuah pulau kecil bernama ” Kim Ngu “ yang berarti ” Ikan Mas “ atau ” Golden Fish “.

Kini, selain sebagai tempat ibadah, pagoda yang dihubungkan oleh sebuah jalan kecil dari daratan utama Kota Hanoi ini juga menjadi salah satu tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

#7. Hanoi’s Old Quarter

Tempat Wisata di Hanoi
Hanoi’s Old Quarter

Hanoi’s Old Quarter adalah salah satu kawasan di Kota Hanoi yang memiliki 36 ruas jalan. Para wisata bisa jalan-jalan santai untuk menikmati pemandangan indah Kota Hanoi di Hanoi’s Old Quarter ini.

Semakin malam, pemandangan Kota Hanoi di tempat ini semakin bertambah cantik dengan lampu-lampu jalanannya. Selain jalan-jalan untuk menikmati keindahan Kota Hanoi, para wisatawan juga bisa berbelanja di berbagai toko di tempat ini.

Yang unik dari tempat ini, yaitu setiap ruas jalan di Hanoi’s Old Quarter ini diberi nama sesuai dengan nama toko yang berada di ujung jalan tersebut. Saking banyaknya ruas jalannya, para wisatawan bisa seharian menjelajahi tempat ini.

#8. Hanoi Opera House

Tempat Wisata di Hanoi
Hanoi Opera House

Sejarah memang menjadi salah satu bagian terpenting dari kehidupan manusia, dan melestarikan sejarah juga bisa memberikan banyak pelajaran bagi generasi penerus. Itulah yang dicoba dipertahankan oleh Kota Hanoi dengan Hanoi Opera House ini.

Hanoi Opera House adalah sebuah bangunan bergaya arsitektur prancis yang dibangun pada awal abad ke-11. Disamping itu, jika beruntung kamu juga bisa menyaksikan berbagai seni pertunjukan yang sering diselenggarakan di tempat ini.

#9. Hoa Lo Prison Memorial

Tempat Wisata di Hanoi
Hoa Lo Prison Memorial

Dulunya, tempat ini adalah sebuah penjara yang digunakan oleh kolonial Prancis untuk memenjarakan tahanan politik di Indocina Prancis. Kemudian diambil alih oleh Vietnam Utara, dan dijadikan sebagai penjara bagi tahanan perang selama perang Vietnam.

Namun kini, penjara ini sudah dijadikan sebagai museum dengan nama ” Hoa Lo Prison Memorial “. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di museum ini, salah satunya adalah informasi tentang perang panjang antara Vietnam dan kolonial Prancis.

#10. Imperial Citadel of Thang Long

Tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Imperial Citadel of Thang Long. Imperial Citadel of Thang Long adalah sebuah istana kerajaan yang pertamakali ditempati oleh raja Vietnam pertama.

Imperial Citadel of Thang Long juga sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang harus dilestarikan, karena perannya yang sangat panjang bagi Kota Hanoi, dan negara Vietnam.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Hanoi (Vietnam) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 10+ Tempat Wisata di Phnom Penh (Kamboja) Yang Menarik Dikunjungi.