33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi. Seperti diketahui, Lamongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang menyimpan sejuta pesona alam.

Mulai dari pegunungan hingga beberapa pantai ada di Kabupaten Lamongan. Bukan hanya itu saja, sejumlah tempat wisata sejarah, khususnya sejarah perkembangan islam juga ada di Kabupaten yang terkenal dengan ” Soto Lamongan “ ini.

Selain itu, di Kabupaten Lamongan juga terdapat beberapa tempat wisata kekinian, yang sering dikunjungi wisatawan muda. Lantas, apa saja tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Tlogo Sadang

Tempat Wisata di Lamongan
Tlogo Sadang

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi wisatawan pertama yaitu Tlogo Sadang. Tlogo Sadang merupakan salah satu tempat instagramable di Lamongan yang mulai hits sejak awal tahun 2017 lalu.

Pasalnya, tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Tlogosari, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini menawarkan keindahan alam yang indah dengan tebing-tebing batuan kapur yang eksotis.

Dulunya, Tlogo Sadang merupakan sebuah tempat penambangan batu kapur. Namun kini, bekas galian tambang ini menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi di Kabupaten Lamongan.

BACA JUGA: 16+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang dan Harga Tiket Masuknya!!

#2. Wisata Bahari Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan
Wisata Bahari Lamongan

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Wisata Bahari Lamongan. Awalnya, tempat wisata yang biasa disebut ” WBL “ ini bernama Wisata Lamongan Tanjung Kodok.

Kemudian, namanya diubah menjadi Wisata Bahari Lamongan (WBL) dengan menambah banyak sekali wahana menarik, sehingga tidak heran, jika tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Jika kamu penasaran dengan Wisata Bahari Lamongan ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:30 sampai pukul 16:30.

#3. Makam Sunan Drajat

Tempat Wisata di Lamongan
Makam Sunan Drajat

Kabupaten Lamongan juga mempunyai sejumlah tempat wisata religi, salah satunya adalah Makam Sunan Drajat. Dimana diketahui, Sunan Drajat adalah salah satu orang yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Berkat jasanya dalam menyebarkan agama Islam tersebut, membuatnya begitu dihormati, khususnya bagi penduduk muslim di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang berziarah ke makamnya.

Makam Sunan Drajat ini berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Kalau dari pusat Kota Lamongan, bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

#4. Museum Sunan Drajat

Masih di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata religi lainnya, yaitu Museum Sunan Drajat, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Makam Sunan Drajat.

Di Museum Sunan Drajat ini, para pengunjung bisa belajar tentang bagaimana sejarah dan perkembangan masuknya ajaran agama Islam ke Pulau Jawa, khususnya di Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Pasalnya, di Museum Sunan Drajat ini banyak menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Sunan Drajat seperti buku, kitab, baju besi, lintar, gamelan, bedug, dan beberapa benda bersejarah lainnya.

#5. Goa Maharani Zoo (Mazola)

Tempat Wisata di Lamongan
Goa Maharani Zoo (Mazola)

Tidak begitu jauh dari lokasi Wisata Bahari Lamongan (WBL), terdapat juga sebuah tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Goa Maharani Zoo, atau kadang juga disebut ” Mazola “.

Goa dengan luas sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman mencapai 25 meter ini mempunyai banyak sekali formasi batuan-batuan stalaktit dan stalagmit, yang pasti bisa membuatmu terkagum-kagum.

Bukan hanya itu saja, di Goa Maharani Zoo juga terdapat Galery Satwa dan Museum Satwa dengan konsep alam afrika. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:00 hingga pukul 16:30.

#6. Monumen Van der Wijck

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Monumen Van der Wijck. Monumen ini dibangun untuk mengingat tragedi tenggelamnya Kapal Van der Wijck pada tahun 1336 silam.

Tragedi tenggelamnya Kapal Van der Wijck ini sangat populer, apalagi setelah film berjudul sama pada tahun 2013 rilis, membuat monumen ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika kamu penasaran seperti apa Monumen Van der Wijck ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Jalan Raya Tuban – Gresik, Desa Sedayu Lawas, Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

#7. Gunung Pegat

Tempat Wisata di Lamongan
Gunung Pegat

Gunung Pegat adalah sebuah barisan perbukitan batuan kapur di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Dimana, salah satu bukitnya memisahkan antara Jalan Raya Jombang – Lamongan.

Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, jika ada sepasang kekasih yang melewati perbukitan ini. Maka, hubungan percintaan sepasang kekasih tersebut tidak akan langgeng, alias kandas ditengah jalan.

Namun, dibalik mitos yang tidak bersahabat tersebut, tersimpan pesona alam yang menggagumkan di Gunung Pegat ini. Sehingga, banyak wisatawan yang menggabaikan mitos tersebut untuk melihat keindahan gunung ini.

#8. Waduk Gondang

Kabupaten Lamongan juga mempunyai sejumlah waduk yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata menarik, salah satunya adalah Waduk Gondang di Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Waduk yang resmi dibuka pada tahun 1987 silam oleh presiden Soeharto ini sebenarnya difungsikan sebagai tempat penampungan air untuk irigasi bagi area persawahan penduduk setempat di sekitarnya.

Selain difungsikan sebagai sumber irigasi bagi persawahan, waduk ini juga difungsikan sebagai tempat wisata dengan beragam wahana seperti sepeda air, taman hewan mini, area camping, dan lain sebagainya.

Masih penasaran dengan tempat wisata di Lamongan lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.