10+ Tempat Wisata di Phnom Penh (Kamboja) Yang Menarik Dikunjungi

Inilah beberapa tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik dikunjungi. Seperti diketahui, Phnom Penh adalah ibukota negara Kamboja, sekaligus menyandang sebagai kota terbesar di negara tersebut.

Selain itu, Phnom Penh juga dikenal sebagai kota paling macet di Kamboja. Walaupun dikenal dengan citra buruknya sebagai kota paling macet di Kamboja, namun kota ini memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Sehingga, tidak menyurutkan kunjungan para wisatawan ke Kota Phnom Penh ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Phnom Penh (Kamboja) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Tuol Sleng

Tempat Wisata di Phnom Penh
Tuol Sleng

Tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik dikunjungi pertama yaitu Tuol Sleng. Tuol Sleng adalah sebuah museum genosida yang menjadi salah satu bukti kekejaman rezim Khmer Rouge.

Dulunya, Tuol Sleng adalah sebuah sekolah, kemudian namanya diganti menjadi S-12 setelah rezim Khmer Rouge yang dipimpin oleh seorang bernama Pol Pot menguasai wilayah Kamboja pada masa itu.

Disinilah tempat dimana orang yang mereka anggap sebagai pemberontak dipenjarakan, dan disiksa. Lebih ironisnya lagi, dari sekitar 14.000 yang dipenjarakan disini, hanya 7 orang yang berhasil selamat hidup-hidup.

Di Museum Tuol Sleng ini, para pengunjung bisa melihat berbagai alat-alat penyiksaan, mulai dari ranjang besi, beberapa sel penjara berukuran sempit, lapangan khusus penyiksaan, hingga foto korban penyiksaan, dan lainnya.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Ho Chi Minh City Yang Wajib Dikunjungi!!

#2. Choeung Ek Genocidal Center

Tempat Wisata di Phnom Penh
Choeung Ek Genocidal Center

Tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Choeung Ek Genocidal Center. Kurang lebih sama dengan Tuol Sleng, Choeung Ek Genocidal Center juga merupakan bukti kekejaman rezim Khmer Rouge.

Perbedaannya, kalau Tuol Sleng adalah sebuah penjara, dan tempat penyiksaan, sedangkan Choeung Ek Genocidal Center adalah sebuah tempat dimana para tawanan dieksekusi, dan dikubur secara massal.

Para pengunjung bisa melihat ribuan tenggorak, dan tulang belulang manusia yang dikubur secara massal di tempat ini. Terdapat juga sebuah pohon yang konon katanya pernah digunakan untuk mengikat, dan menyiksa anak kecil hingga mati.

Di Choeung Ek Genocidal Center juga terdapat sebuah stupa berisi tenggorak manusia yang dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap mereka yang menjadi korban kekejaman rezim Khmer Rouge tersebut.

#3. Royal Palace

Tempat Wisata di Phnom Penh
Royal Palace

Kalau tempat wisata yang satu ini berbeda dengan dua tempat wisata sebelumnya. Pasalnya, Royal Palace adalah sebuah istana kerajaan megah yang memiliki beberapa bangunan karismatik khas Kamboja.

Selain bangunan-bangunan megah, para pengunjung juga bisa melihat beragam koleksi barang antik dari raja, mulai dari pakaian khas Kamboja, hingga patung-patung budha koleksi raja, dan lain sebagainya.

#4. Silver Pagoda

Kalau kamu saat ini sedang berkunjung ke Royal Palace! Itu artinya kamu juga wajib mengunjungi Silver Pagoda. Karena, pagoda megah yang satu ini masih dalam satu komplek dengan Royal Palace.

Salah satu hal yang paling menarik dari pagoda ini adalah para pengunjung bisa menjumpai beberapa patung budha. Disamping itu, pagoda ini juga memiliki bentuk dan arsitektur bangunan yang sangat menarik.

Pasalnya, bangunan pagoda ini sedikit berbeda dengan bangunan pagoda pada umumnya. Dimana, bentuk bangunan pagoda ini lebih mirip seperti gedung museum dengan arsitektur yang lebih berseni.

#5. Central Market

Tempat Wisata di Phnom Penh
Central Market

Belum lengkap rasanya jika berwisata ke sebuah kota itu kalau belum mengunjungi pusat perbelanjaannya. Nah, jika kamu sedang berwisata ke Kota Phnom Penh! Kamu bisa mengunjungi Central Market.

Central Market adalah salah satu pasar di Phnom Penh yang sangat lengkap, mulai dari beragam souvenir, jajanan khas, sembako, makanan siap saji, pakaian, barang elektronik, dan lain sebagainya ada di pasar ini.

Hanya saja, kebanyakan harga barang di pasar ini dijual dengan harga 2 kali lipat dari harga normalnya. Namun, para pembeli bisa menawarnya untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi.

#6. Russian Market

Tempat Wisata di Phnom Penh
Russian Market

Selain Central Market, ada satu lagi pusat perbelanjaan yang juga menarik dikunjungi di Phnom Penh, yaitu Russian Market. Selain itu, lokasi Russian Market juga tidak begitu jauh dari Central Market.

Sedikit berbeda dengan Central Market, Russian Market adalah sebuah pasar yang banyak menjual berbagai pernak-pernik khas Kamboja, mulai dari patung hingga hiasan-hiasan khas Kamboja, dan lain sebagainya.

#7. Outdoor Shooting Range

Tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik dikunjungi selanjutnya yaitu Outdoor Shooting Range. Outdoor Shooting Range adalah sebuah tempat wisata berupa latihan menembak dengan mengunakan senjata api sungguhan.

Para pengunjung bisa merasakan sensasi seperti adegan dalam perang Di Outdoor Shooting Range ini, dengan objek tembak seperti buah semangka, tabung gas, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang masih pemula! Jangan khawatir! Karena di tempat ini sudah ada pemandu yang akan mengajarimu bagaimana cara mengunakan senjata api yang benar. Ada beberapa senjata api yang bisa dipilih diantara adalah M60, M16, AK-47, dan Bazooka.

#8. Independence Monument

Tempat Wisata di Phnom Penh
Independence Monument

Seperti di Indonesia dengan Monas-nya, Kamboja juga mempunyai monumen kemerdekaan, yaitu Independence Monument. Hanya saja, monumen ini berada di tengah-tengah jalan utama di Phnom Penh.

Hal ini membuat kesulitan bagi para wisatawan yang ingin berfoto dengan latarbelakang monumen ini. Namun, tidak jauh dari monumen tersebut terdapat sebuah taman yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto dengan latarbelakang monumen ini.

#9. Museum Nasional

Tempat Wisata di Phnom Penh
Museum Nasional

Museum Nasional di Phnom Penh ini memiliki beragam koleksi dari peninggalan prasejarah yang ada di Kamboja seperti beberapa patung budha, beberapa batu pahatan, arca, artefak, dan masih banyak lagi lainnya.

Lebih menariknya lagi, setiap koleksi yang ada di museum ini sudah memiliki penjelasan yang cukup lengkap dalam 3 bahasa, yaitu bahasa Khmer, bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

Selain bisa melihat beragam koleksi barang antik, para pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung seni pertunjukan tari khas Kamboja, yang biasanya diselenggarakan pada malam hari setiap minggunya di museum ini.

#10. Wat Phnom

Tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Wat Phnom. Wat Phnom adalah salah satu kuil budha tertua di Kamboja, yang memiliki cerita legenda tentang asal-usul Kota Phnom Penh.

Kuil berstruktur cantik ini berdiri megah diatas sebuah bukit, sehingga dari puncak kuil ini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah. Selain itu, disekitar kuil juga terdapat sebuah taman yang bisa digunakan untuk bersantai.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Phnom Penh (Kamboja) yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Baca juga +15 Rekomendasi Tempat Wisata di Phuket Yang Wajib Dikunjungi!!.