9+ Tempat Wisata di Siem Reap (Kamboja) Yang Menarik Dikunjungi!!

Inilah beberapa tempat wisata di Siem Reap (Kamboja) yang menarik dikunjungi. Perlu diketahui, Siem Reap adalah ibukota provinsi Siem Reap, sekaligus sebagai pusat wisata dan budaya terpenting di Kamboja.

Selain itu, Kota Siem Reap juga merupakan pintu gerbang utama ke Kota Angkor, yaitu sebuah situs sejarah yang terkenal di dunia. Bukan hanya itu saja, kota ini juga memiliki segudang tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Mulai dari sejumlah candi, kuil, air terjun, hingga tempat wisata belanja, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja tempat wisata di Siem Reap (Kamboja) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Siem Reap (Kamboja) Yang Menarik Dikunjungi

#1. Angkor Wat

Tempat Wisata di Siem Reap
Angkor Wat

Tempat wisata di Siem Reap (Kamboja) yang menarik dikunjungi yang pertama yaitu Angkor Wat. Angkor Wat merupakan sebuah situs sejarah berupa komplek candi yang dibangun sekitar abad ke-12 masehi.

Pada awalnya, Angkor Wat adalah candi agama Hindu sebagai tempat untuk memuja dewa wisnu, namun sekitar abad ke-14 masehi, candi-candi ini diubah fungsinya menjadi candi untuk agama budha.

Sekarang, komplek candi yang memiliki lima menara ini sudah masuk sebagai salah satu situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO sejak tahun 1992 silam. Objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Phnom Penh (Kamboja) Yang Menarik Dikunjungi

#2. Ta Prohm

Tempat Wisata di Siem Reap
Ta Prohm

Tempat wisata di Siem Reap (Kamboja) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Ta Prohm. Ta Prohm adalah sebuah candi yang dibangun sekitar akhir abad ke-12, dan awal abad ke-13 oleh Jayawarman VII.

Berbeda dengan candi-candi lainnya di Siem Reap, candi yang juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia ini tidak pernah dipugar, dan dibiarkan begitu saja seperti ketika pertamakali ditemukan.

Namun justru hal itulah yang membuat candi dengan suasana hutan rimba ini, dimana akar pohon berukuran besar melilitnya ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya.

#3. Banteay Srei

Tempat Wisata di Siem Reap
Banteay Srei

Banteay Srei adalah sebuah candi agama hindu yang dibangun sekitar abad ke-10 dengan mengunakan batu pasir merah. Candi ini juga dikenal memiliki ukiran-ukiran relief yang cukup rumit.

Candi yang juga sering dijuluki sebagai ” permata seni Khmer “ ini pernah beberapa kali dilakukan pemugaran. Namun, pemugaran-pemugaran tersebut tidak menghilangkan bentuk bangunan asli candi ini.

#4. Kbal Spean

Tempat Wisata di Siem Reap
Kbal Spean

Bukan hanya candi saja, Kota Siem Reap juga memiliki beberapa tempat wisata alam, salah satunya adalah Kbal Spean. Kbal Spean adalah salah satu tempat wisata alam berupa air terjun di Kota Siem Reap.

Air terjun yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Phnom Kulen ini merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal di Kamboja. Sehingga tidak mengherankan jika tempat wisata ini cukup banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Keunikan lainnya dari air terjun ini selain memiliki air yang jernih, yaitu beberapa batuan disekitar air terjun tersebut diukir dengan ukiran-ukiran yang menarik seperti ukiran budha, dan lain sebagainya.

#5. Landmine Museum

Kurang lebih sama dengan Indonesia, Kamboja juga merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki masa lalu yang cukup panjang, sehingga berkunjung ke museum adalah salah satu tujuan wisata alternatif yang menarik.

Dan salah satu museum yang menarik dikunjungi di Kamboja adalah Landmine Museum yang berada di Kota Siem Reap. Di museum ini, para pengunjung bisa mengetahui sejarah dan perjuangan negara Kamboja.

Dulunya, tempat ini merupakan tempat khusus untuk merawat korban ranjau. Namun pada tahun 1990-an, tempat ini dijadikan sebagai salah satu museum yang merefleksikan kejadian-kejadian masa lalu di Kamboja.

#6. Old Market

Tempat Wisata di Siem Reap
Old Market

Selain tempat wisata sejarah seperti candi, dan tempat wisata alam seperti air terjun, para wisatawan yang berkunjung ke negara lain biasanya juga sangat tertarik dengan suasana dan kondisi pasar tradisionalnya.

Nah, jika kamu sedang berwisata ke Kota Siem Reap di Kamboja, dan senang berkunjung ke pasar tradisional, maka Old Market bisa dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Siem Reap yang menarik buatmu.

Ada beberapa barang yang bisa ditemukan di pasar tradisional ini, mulai dari bahan-bahan makanan khas Kamboja, beragam produk souvenir, hingga barang-barang fashion seperti baju, celana, dan lain sebagainya.

#7. Wat Thmei

Tempat Wisata di Siem Reap
Wat Thmei

Kurang lebih sama dengan Tuol Sleng, dan Choeung Ek Genocidal Center di Phnom Penh, Wat Thmei juga merupakan sebuah tempat yang menjadi bukti kekejaman rezim Khmer Rouge yang dipimpin oleh Pol Pot.

Nama ” Wat Thmei ” bisa diartikan sebagai ” Killing Fields “. Dinamakan ” Killing Fields ” karena Wat Thmei merupakan sebuah tempat yang menjadi saksi bisu pembantaian besar-besaran orang Kamboja.

Di Wat Thmei, para pengunjung akan melihat secara langsung tengkorak, dan tulang belulang dari para korban yang dikumpulkan di sebuah menara yang berada di bagian tengah pelataran di Wat Thmei ini.

#8. Bayon Temple

Tempat Wisata di Siem Reap
Bayon Temple

Bayon Temple adalah salah satu kuil budha bersifat budha mahayana di Kamboja, yang dibangun pada akhir abad ke-12, dan awal abad ke-13 pada masa pemerintahan Raja Jayawarman VII, yaitu salah satu raja Kerajaan Khmer.

Kuil ini terkenal dengan julukan ” The Smiling Budha Temple “ yang berarti ” Kuil Budha Tersenyum “. Hal ini dikarenakan, di kuil ini terdapat 51 patung budha berukuran raksasa yang sedang tersenyum.

#9. Pub Street

Pub Street adalah sebuah nama jalan di Siem Reap yang sangat terkenal di Kamboja. Disepanjang jalan ini banyak terdapat restoran, cafe, bar, pub, tempat pijat refleksi, pasar tradisional, dan lain sebagainya.

Tempat ini mirip seperti Khao San di Thailand, atau Malioboro di Yogyakarta. Biasanya, suasana di tempat ini akan terasa lebih hidup ketika menjelang malam tiba, dimana hingar bingar hiburan malam mulai dibuka.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Siem Reap (Kamboja) yang menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga +10 Tempat Wisata di Hanoi (Vietnam) Yang Menarik Dikunjungi!!.