13+ Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng Yang Paling Hits!!

Inilah beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi. Kalau berbicarakan tentang tempat wisata di Kabupaten Wonosobo, pasti yang pertama terlintas dipikiranmu adalah Dataran Tinggi Dieng.

Hal ini sangat wajar sekali, mengingat Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu tempat wisata alam terbaik yang dimiliki Indonesia sekarang ini. Namun, tempat wisata di Wonosobo bukan hanya Dataran Tinggi Dieng.

Ada beberapa tempat wisata di Wonosobo selain Dataran Tinggi Dieng yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng Yang Paling Hits Dikunjungi

#1. Lubang Sewu

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Lubang Sewu

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng paling hits dikunjungi yang pertama yaitu Lubang Sewu. Lubang Sewu adalah sebuah tebing batu yang dikatakan sedikit mirip dengan ” Green Canyon ” di Amerika Serikat.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang berada di Dusun Jurutengah, Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo ini adalah sebuah tempat wisata berupa susunan batu-batuan yang tidak biasa dengan latarbelakang alam.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah ketika musim kemarau, karena pada musim kemarau, Lubang Sewu akan terlihat lebih indah. Sedangkan pada musim hujan, Lubang Sewu akan dipenuhi dengan genangan air.

BACA JUGA: 17+ Tempat Wisata di Magelang Yang Sedang Hits Dikunjungi!!

#2. Waduk Wadaslintang

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Waduk Wadaslintang

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi berikutnya yaitu Waduk Wadaslintang. Lokasinya tidak begitu jauh dari Lubang Sewu, yaitu sama-sama berada di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo.

Walaupun sebenarnya, Waduk Wadaslintang ini berada di dua kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kubumen. Karena Waduk Wadaslintang adalah sebuah waduk yang sangat luas.

#3. Telaga Menjer

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah sebuah telaga yang terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja di masa lalu. Telaga ini cukup dibandingkan Dataran Tinggi Dieng, yaitu kurang lebih 12 km dari pusat Kota Wonosobo.

Selain memiliki pemandangan alam yang masih asri, telaga seluas 45 meter ini juga memiliki udara yang sejuk, yaitu antara 22 – 27 derajat celcius, karena telaga ini berada di ketinggian sekitar 1.300 diatas permukaan air laut.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menjelajahi telaga ini mengunakan perahu. Jika kamu penasaran dengan telaga ini? Kamu bisa mengunjunginya di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo.

#4. Alun Alun Wonosobo

Belum lengkap rasanya ke Kota Wonosobo kalau belum mengunjungi Alun-Alun Wonosobo yang terletak di Jalan Pemuda No.2, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo ini.

Pasalnya, Alun Alun Wonosobo adalah salah satu alun-alun kota terindah di Indonesia yang memiliki lapangan hijau, dan pohon-pohon rindang di sekitarnya, dengan latarbelakang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Bukan hanya itu saja, di sekitar Alun Alun Wonosobo juga terdapat para pedagang yang menjual berbagai jenis makanan khas Wonosobo seperti Mie Ongklok, Sate Jamur, Es Cendol Durian, dan lain sebagainya.

#5. Kebun Teh Tambi

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Kebun Teh Tambi

Sebenarnya, Kebun Teh Tambi yang berada di Dusun Tegalrejo, Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Wonosobo ini adalah kebun teh peninggalan dari jaman belanda yang sekarang di kelola oleh PT. Tambi.

Selain bisa melihat hamparan perkebunan teh dan aktivitas para karyawan perkebunan teh, para pengunjung juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan teh, mulai dari daun teh hingga menjadi teh siap saji.

#6. Air terjun Sikarim

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Air terjun Sikarim

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Air terjun Sikarim. Air terjun ini bisa dikunjungi di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Hanya saja, bagi yang berniat mengunjungi air terjun setinggi 24 meter ini, sangat disarankan mempersiapkan tenaga terlebih dahulu. Pasalnya, jalan akses menuju ke lokasi air terjun tersebut tidak mudah.

Dimana, untuk sampai ke lokasi air terjun ini, para pengunjung diharuskan melewati pematang persawahan para penduduk, dan juga diharuskan melewati lembah dengan kondisi jalan yang terjal dan licin.

#7. Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro

Tempat Wisata di Wonosobo Selain Dieng
Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro

Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro adalah dua gunung yang sering dijadikan oleh lokasi pendakian gunung oleh para pecinta alam di Wonosobo, khususnya para pecinta alam yang hobi mendaki gunung.

Kedua gunung ini sering dijuluki ” Gunung Kembar “, karena lokasinya yang saling berdekatan satu sama lain. Selain itu, ketinggian juga hampir sama, yakni 3.371 meter untuk Gunung Sumbing dan 3.153 mter untuk Gunung Sindoro.

#8. Kebun Teh Tanjung Sari

Selain Kebun Teh Tambi, ada satu lagi perkebunan teh yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata di Wonosobo, yaitu Kebun Teh Tanjung Sari di Desa Sedayu, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

Selain menawarkan pemandangan kebun teh yang hijau, tempat wisata ini juga menawarkan beberapa fasilitas lainnya seperti kolam renang, water boom, taman, dan bus yang siap membawa para pengunjung mengeliling perkebunan teh tersebut.

Masih ingin tahu tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang paling hits dikunjungi lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.