Cara Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Awet dan Bagus

  • Whatsapp
Jaket Kulit

Bagi sebagian orang, terutama kaum pria tentu senang mengenakan jaket kulit, terlebih jaket kulit asli.  Hal tersebut karena selain bisa digunakan untuk menjaga kehangatan tubuh ketika suhu dingin maupun mencegah kulit terkena sinar matahari, jaket kulit dianggap sebagai salah satu ikon fashion yang trendy dan tidak ketinggalan zaman.  Tidak hanya brand brand luar negeri yang meluncurkan produk satu ini, tetapi juga banyak produsen jaket kulit yang memproduksi jaket kulit asli dengan kualitas premium seperti di sentra jaket kulit daerah Garud ataupun di konveksi bandung.

Harga jaket kulit yang asli sendiri lumayan mahal, namun terkadang pemakainya masih belum paham cara untuk merawat serta menjaga jaket kulit agar tetap awet serta tahan lama. Jaket kulit yang tidak dijaga akan cepat rusak sehingga memiliki masa pakai yang pendek.  Karenanya anda perlu menyimak tips serta cara merawat jaket kulit agar tidak cepat rusak serta tahan lama berikut ini :

  • Ikuti petunjuk penggunaan : jaket kulit asli biasanya memiliki instruksi atau petujuk penggunaan yang disertakan pada tiap produknya. Hal tersebut untuk memastikan bahwa konsumen sudah melakukan perawatan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pihak produsen.
  • Cuci jaket menggunakan tangan : jangan sesekali mencuci jaket menggunakan mesin cuci, selain akan membuat jahitan pada jaket menjadi renggang, hal tu juga akan sangat mempengaruhi tekstur jaket kulit menjadi berkerut. Sebaiknya cuci secara manual atau menggunakan tangan.
  • Gunakan sabun bayi : sebenarnya mencuci jaket kulit menggunakan air saja sudah cukup. Namun jika dirasa belum bersih atau terdapat noda yang sulit dihilangkan, maka anda bisa menambahkan sabun bayi. Sbaun bayi memiliki formula yang cukup lembut sehingga menggunakannya tidak akan merusak serat pada jaket kulit.  Hindari penggunaan bahan kimia yang bersifat keras seperti bleaching atau pemutih.
  • Cara membilas jaket kulit : cukup masukan ke dalam wadah yang berisi air bersih untuk membersihkan sisa sabun atau noda yang masih menempel pada jaket kulit.
  • Gunakan cairan pelembut : jaket kulit yang dicuci biasanya akan lebih kaku serta permukaannya yang kering dan terlihat patah. Anda bisa menggunakan cairan pelembut pada bilasan terakhir pada proses pencucian untuk mengembalikan tekstur dari jaket kulit kesayangan anda.
  • Jemur di tempat teduh : hindari menjemur jaket kulit pada sinar matahari langsung karena akan membuat jaket kuit mudah rusak. Sebaiknya sebelum dicuci baik jaket sehingga bagian dalam menghada keluar dan jeur pada tempat teduh namun tetap dalam sirkulasi udara yang baik.

Itulah informasi seputar cara merawat jaket kulit agar lebih awet dan pastinya akan bisa dipakai lebih lama.  Yang jelas, merawat jaket kulit adalah hal yang susah susah gampang, namun dengan menerapkan tips diatas tentu saja merawat jaket kulit bukanlah hal yang mustahil.

Related posts