Manfaat Cabe Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Nutrisinya

  • Whatsapp

Cabe merupakan salah satu bahan makanan favorit yang diolah dengan bahan lainnya menjadi hidangan menggugah selera. Tidak hanya rasanya yang pedas nagih, cabe ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, para ahli kesehatan mengungkapkan cabe sering dijadikan sebagai pengobatan alternative alias herbal. Beberapa manfaatnya dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan menekan rasa lapar.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, usahakan untuk mengonsumsi cabe secukupnya. Hal tersebut lantaran tingkat kepedasan terlalu tinggi dapat memicu rasa sakit tak tertahankan akibat respon tubuh terhadap rasa pedas melebihi batas.

 Apa Saja Kandungan Nutrisi dari Cabe?

Cabe memang sudah popular dimanfaatkan dalam bumbu dalam masakan sehingga menciptakan rasa pedas yang khas. Tidak hanya nikmat ternyata cabe memiliki kandungan nutrisi bagus untuk tubuh.

Kandungan gizi tersebut dapat meliputi, vitamin A, B, C, B6, K, mangan, protein, serat, kalori, karbohidrat, riboflavin, potasium dan lemak.

Manfaat Cabe untuk Kesehatan Tubuh

Pemakaian cabe memiliki kandungan capsaicin yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki rasa pedas yang unik. Cabe memiliki beberapa kegunaan diantaranya meliputi:

  1. Perlancar Gangguan Saluran Pencernaan

Terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan capsaicin dapat mengatasi masalah tukak lambung. Namun, tetap harus berhati-hati apabila memiliki masalah maag maupun gastritis. Jangan terburu-buru mengonsumsi tetap perhatikan kondisi masalah pencernaan Anda.

Selain itu, komponen tertentu pada cabe rawit dapat menjaga pencernaan terhindar dari infeksi, memaksimalkan masalah produksi cairan pencernaan dan membantu distribusi enzim ke perut.

Hal tersebutdapat dikerjakan dengan memberikan rangsangan kepada saraf pada bagian perut, sehingga dapat melindungi kondisi tersebut dari cedera.

  1. Bantu Sistem Metabolisme Tubuh

Kandungan dari zat capsaicin dalam sebuah cabe dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori. Proses demikian dikenal sebagai diet-induced thermogenesis guna membantu untuk meningkatkan metabolism tubuh.

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengosnusmi capsaicin dapat membakar sekitar 51 persen kalori. Namun, hal tersebut akan berbeda jika dikonsumsi dalam jumlah besar, sehingga pembakaran kalori tidak sama lagi persentasenya.

  1. Buat Tubuh Lebih Kenyang

Cabe dapat membuat tubuh cenderung kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi porsi makan banyak. Dalam sebuah penelitian, cabe diduga mempunyai keterkaitan dengan efek reduksi pada produksi hormone ghrelin.

Selain itu, penelitian lain menyebutkan seseorang yang mengonsumsi capscaisin telah dibuktikan makan cenderung lebih sedikit.

  1. Berpotensi Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan capscaisin pada cabe memiliki potensi dalam penurunan tekanan dalam darah. Hal itu dibuktikan dengan pengujian pada tikus, konsumsi cabe dalam jangka waktu berlangsung lama dapat menurunkan tekanan dalam darah.

Dalam sebuah penelitian lainnya, terbukti pula capscaisin dapat membantu pembuluh darah pada babi menjadi rileks. Namun, penelitian tersebut terhadap manusia masih dilanjutkan.

  1. Redakan Nyeri

Capscaisin mempunyai kemampuan untuk mengurangi nyeri yang dapat diaplikasikan secara langsung ke kulit. Hal tersebut dapat terjadi lantaran capscaisin dapat mengurangi substansi P, sebuah molekul protein berukuran kecil yang memberikan sinyal sakit ke otak

Semakin kecil materi P dihasilkan sinyal rasa sakit tidak dapat lagi sampai menuju otak. Pada umumnya, krim dengan kandungan capsaicin dipakai untuk mengurangi nyeri pada sendi, masalah saraf dan sakit pascaoperasi.

  1. Sembuhkan Psoriasis

Perlu Anda ketahui, psoriasis merupakan penyakit autoimun yang tidak dapat terobati. Namun, krim dengan kandungan capsaicin dikenal mampu mengobati rasa sakit dan menyamarkan luka yang disebabkan oleh psoriasis.

Dalam sebuah penelitian, pasien yang menderita psoriasis diberikan obat topical dengan kandungan capsaicin akan merasa gatal dan kulit kering.

Itulah manfaat cabe untuk kesehatan tubuh beserta kandungan nutrisi. Nah, bagi Anda yang sedang mencari platform tepat untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan maupun bumbu dapur dengan harga terjangkau, TaniHub solusinya! Yuk penuhi kebutuhanmu di TaniHub!

Related posts