Mengenal Arti dan Cara Menghitung Masa Subur Akurat

  • Whatsapp
Cara Menghitung Masa Subur Akurat

Kehamilan seringkali menjadi perhatian serius bagi para pasangan yang telah menikah dan ingin segera memiliki keturunan. Ada beberapa tips supaya ibu bisa cepat hamil, seperti salah satunya mulai mencari tahu cara menghitung masa subur ibu. Lalu cara menghitung masa subur itu bagaimana?

Tetapi sebelum mencari tahu cara menghitung masa subur, ibu harus mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Berikut dibawah ini fakta menarik tentang masa subur :

  1. Pengertian Masa Subur

Masa subur diartikan sebagai masa dalam siklus haid yang mampu menyebabkan kehamilan pada saat berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman. Tetapi yang harus yang diingat adalah bukan berarti hubungan seksual yang dilakukan pada masa ini secara otomatis pasti akan hamil. Karena ada banyak faktor lain yang turut menentukan terjadi atau tidaknya kehamilan, misalnya kualitas sperma dan sel telur.

  1. Kemungkinan Hamil Terbesar Pada Satu Hingga Dua Hari Sebelum Ovulasi

Kemungkinan tinggi terjadinya kehamilan ada pada satu hingga dua hari sebelum ovulasi. Untuk mendukung terjadinya proses kehamilan, pastinya tidak hanya tergantung pada pihak wanita saja. Tetapi diperlukan juga peran dari pihak laki laki. Jumlah sperma paling banyak pada hari kelima saat pantang ejakulasi (jika lebih dari lima hari, akan menurunnya kualitas sperma). Frekuensi hubungan seksual yang direkomendasikan adalah dua hingga tiga kali dalam seminggu, pada masa subur tersebut.

Upaya meningkatkan kualitas kesuburan ibu supaya cepat hamil tidak hanya bergantung pada menghitung masa subur saja, tetapi menjaga pola makan yang baik juga memiliki peran penting.

Berikut dibawah ini cara mudah menghitung masa subur :

  1. Dengan Perhitungan Lamanya Siklus Terpendek Dikurangi Delapan Belas Dan Lamanya Siklus Terpanjang Dikurangi Sebelas

Cara yang biasanya digunakan untuk menentukan periode masa subur adalah dengan perhitungan lamanya siklus terpendek dikurangi delapan belas dan lamanya siklus terpanjang dikurangi  sebelas.

Sebagai contoh, seorang perempuan yang sering mencatat siklus haidnya akan mengetahui bahwa siklus terpendeknya adalah dua puluh enam hari serta siklus terpanjangnya adalah tiga puluh hari. Ini berarti, hari suburnya diperkirakan akan jatuh pada hari kedelapan (26 – 18) hingga hari kedelapan belas (29 – 11) setelah haid hari pertama.

  1. Dengan Menganggap Sama Bahwa Semua Perempuan Memiliki Siklus Bulanan Dua Puluh Enam Hingga Tiga Puluh Dua Hari

Cara perkiraan lain yang lebih sederhana adalah dengan mengganggap semua wanita memiliki siklus haid bulanan yang sama yaitu  dua puluh enam hingga tiga puluh dua hari, masa suburnya jatuh pada hari kedelapan dan kesembilan belas pada masa siklusnya (7). Yang harus diingat adalah banyak sekali terjadi variasi dalam siklus haid, maka cukup sulit untuk bisa menentukan hari hari yang 100 % tepat (4). Tetapi metode sederhana ini patut dicoba oleh ibu yang ingin cepat hamil.

Perencanaan kehamilan memang perlu disiapkan secara matang, seperti salah satunya  dengan cara mengatur dengan baik kapan waktu yang tepat untuk ibu bersama suami melakukan hubungan seks. Supaya tepat sasaran, ibu bisa menggunakan tools kalkulator masa subur untuk bisa mengetahui dengan pasti waktu yang tepat untuk pembuahan. Dengan kalkulator ovulasi ini, secara otomatis ibu bisa menghitung tanggal masa subur ini untuk pembuahan serta bisa juga mengetahui perkiraan hari lahir si kecil. Daripada penasaran, ibu bisa mencoba sekarang juga alat kalkulator masa subur yang akurat satu ini.

Related posts