Kenali Dosis Obat Ibuprofen untuk Dewasa dan Anak-anak. Simak ulasannya di SehatQ

  • Whatsapp
Kenali Dosis Obat Ibuprofen

Obat pereda nyeri yang dijual di Apotik beragam, salah satunya Ibuprofen. Obat tersebut berfungsi meredakan nyeri sakit kepala, nyeri saat haid, nyeri otot, peradangan pada tubuh, sakit gigi dan nyeri lainnya.

Selain itu, bisa menurunkan demam dan meringankan gejala batuk pilek. Cara kerja obatnya adalah menghalangi zat alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Kandungannya mampu menghentikan produksi prostaglandin tubuh sehingga nyeri berangsur-angsur hilang.

Dosis Obat Ibuprofen Dewasa

Anda bisa membeli obat ibuprofen sesuai aturan. Baik untuk dewasa maupun anak-anak, tentunya aturan dosisnya berbeda. Bahkan dosis setiap keluhan disesuaikan dengan penyakit yang diderita, berikut ada dosis yang direkomendasikan:

  • Untuk Mengobati Demam

Untuk mengatasi demam secara oral, Anda membutuhkan obat 200-400 mg setiap 4 sampai 6 jam. Sementara lewat infus 400 mg, obat dimasukkan melalui infus selama 30 menit. Untuk dosis lanjutannya sebesar 400 mg setiap 4 sampai 6 jam.

  • Meredakan Nyeri Haid

Ibuprofen bisa meredakan nyeri haid, tak heran kaum wanita membeli obat tersebut menjelang haid. Untuk dosisnya 200-400 mg secara oral, Anda bisa minum ibuprofen tablet setiap 4-6 jam. Tetapi, jika nyeri sudah hilang sebaiknya dihentikan.

  • Pengidap Penyakit Rheumatoid Arthritis

Untuk pasien penyakit Rheumatoid Arthritis membutuhkan dosis obat 400-800 mg secara oral. Minum setiap 6-8 jam sesuai kebutuhan atau tingkat rasa sakit.

  • Pasien Osteoarthritis

Dosis untuk pasien Osteoarthritis sebesar 400-800 mg secara oral. Minumlah setiap 6-8 jam dan sesuaikan dengan rasa sakit.

Dosis Ibuprofen untuk Anak-anak

Ibuprofen bisa diminum anak-anak usia 6 bulan sampai 12 tahun. Orang tua harus memperhatikan aturan minum dan dosisnya sehingga tidak ada efek samping, jangan sampai mengabaikan aturan minum karena mempengaruhi kesehatan anak.

  • Nyeri pada anak

Anda bisa memberikan obat pereda nyeri pada anak dengan dosis tepat. Usia 6 bulan sampai 12 tahun, dosisnya 4-10 mg/kg secara oral sesuai tingkat nyeri anak. Tetapi, dosis harian sebesar 40 mg/kg.

  • Penyakit Fibrosis

Untuk anak-anak yang menderita Fibrosis kistik, berikan ibuprofen secara oral sebanyak 2 kali sehari. Dosis tersebut berfungsi mempertahankan konsentrasi serum 50-100 mcg/mL sehingga memperlambat penyakit anak, umumnya dosis tersebut digunakan pada penyakit paru ringan.

  • Mengatasi demam

Walaupun harga ibuprofen terjangkau, tetapi manfaat ibuprofen beragam. Obat tersebut efektif mengatasi nyeri pada orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan efektif mengatasi demam anak usia 6 sampai 12 tahun dengan dosis 10 mg/kg secara oral per 6-8 jam.

Efek Samping Obat Ibuprofen

Baik ibuprofen anak maupun dewasa bisa memiliki efek samping, apalagi imunitas setiap orang berbeda. Ada yang alergi terhadap obat-obatan sehingga menyebabkan efek samping, berikut ada efek samping ibuprofen yang harus diperhatikan.

  • Mengalami pusing, sakit kepala dan gugup
  • Telinga berdenging
  • Sembelit, sakit perut dan diare
  • Terjadi ruam pada kulit dan gatal-gatal

Seseorang dengan alergi obat-obatan tertentu, efek samping bisa semakin parah. Berikut efek samping cukup parah yang harus diperhatikan, segeralah menghentikan obat jika terjadi efek samping.

  • Wajah, bibir, lidah maupun tenggorokan menjadi bengkak
  • Jantung berdebar hebat dan kesulitan bernafas
  • Terjadi ruam cukup banyak di kulit
  • Gatal-gatal di tubuh

Memang, tidak semua orang mengalami efek samping penggunaan obat ibuprofen. Sebelum menggunakan obat, konsultasikan dengan dokter mengenai riwayat penyakit Anda.

Anda bisa konsultasi dengan dokter terdekat maupun secara online. Salah satunya melalui situs kesehatan SehatQ karena terpercaya, Anda bisa menanyakan dosis ibuprofen sesuai keluhan Anda. Direktori obat di situs tersebut juga lengkap sehingga kesehatan Anda terjaga, Anda bisa mengetahui efek samping obat, aturan minum, jenis obat-obatan.

SehatQ juga memberikan penjelasan setiap obat, salah satunya ibuprofen 400, ibuprofen 400 mg. Anda bisa membuat jadwal dengan dokter berpengalaman, membeli obat secara online. Banyak informasi kesehatan dan tips mencegah penyakit di situs tersebut.

Jika ragu menggunakan ibuprofen karena suatu sebab, konsultasikan dengan dokter pilihan di SehatQ. Dokter akan menjelaskan detail apakah obat tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

Related posts