Tips Agar Seminar Online Sukses

  • Whatsapp
Seminar Online Sukses

Seminar online ataupun bisa disebut webinar, sekarang ini semakin sering dipilih karena beberapa faktor. Misalnya karena, meski biayanya relatif lebih murah, akan tetapi ilmu yang didapatkan juga sangat besar. Walaupun begitu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan agar seminar online kamu meninggalkan kesan yang sangat baik di benak audiens atau para peserta webinar kamu.

Tips Webinar Sukses dan Juga Seru

Pastinya seminar online atau webinar yang diharapkan audiens ialah yang menarik dan juga tidak terkesan kaku. Supaya seminar digital kamu bisa berlangsung seru serta tidak membosankan layaknya digelar oleh event organizer profesional misal seperti webinar seperti Hanindo, maka kamu juga bisa mengikuti beberapa tips dan trik dibawah ini:

1. Buat Kesan di 5 Menit Pertama

Kamu pasti tau kan ada istilah 5 menit pertama sebagai salah satu momen kritis yang menentukan apakah audiens merasa nyaman dengan seminar online yang kamu adakan. Maka dari itu, penampilan kamu di menit-menit awal sangat penting untuk dipersiapkan. Karena 5 menit pertama tersebut mempunyai tujuan untuk membangun bonding atau juga ikatan dengan peserta seminar digital. Namun jangan langsung membahas materi di menit-menit pertama. Akan tetapi, bangunlah koneksi terlebih dahulu. Dengan cara yang cukup mudah. Sehingga kamu juga bisa menggunakan permainan ice breaker populer untuk merangsang minat para peserta webinar. Memilih permainan yang cocok seperti sambung menyambung lirik lagu, kemudian menebak kata, ataupun sambung kata itu beberapa permainan yang bisa digunakan saat mengawali webinar. Dan alangkah baiknya jika permainan tersebut juga dibuat sebagai bridging untuk masuk ke tema webinar yang kamu buat.

2. Penampilan yang Oke

Apabila kamu berperan sebagai host, maka kamu harus punya penampilan yang akan mendukung ikatan sejak awal. Kamu harus perhatikan busana yang kamu kenakan, tatanan rambut, sampai bahasa tubuh. Kemudian kamu juga harus membuat suasana seminar berjalan santai, walaupun materinya berat. Kemudian kamu juga perhatikan latar tempat kamu melakukan seminar online. Karena secara keseluruhan akan tampil di layar peserta kamu. Maka buatlah dekorasi yang menarik, tapi tidak terlalu ramai. Usahakan supaya fokus utama tetap pada kamu sebagai host seminar online. Kamu juga harus bersikap interaktif saat sedang menyampaikan materi. Misalnya sesekali selipkan sesi tanya jawab, ataupun kesempatan untuk peserta agar menyampaikan pendapat yang mereka punya. Hal ini bertujuan, agar terbuka skema komunikasi 2 arah. Dengan demikian, suasana seminar tidak akan seperti sedang mendengarkan ceramah 1 arah yang begitu membosankan untuk durasi di atas 20 menit.

3. Persiapkan Naskah

Ada juga yang bilang, spontanitas merupakan hal yang baik. Tapi ada baiknya jika kamu adalah seorang public speaker dengan jam terbang yang sudah tinggi yang punya perbendaharaan spontan yang luas itu baik. Namun jika tidak, jangan paksakan diri untuk hal ini. Dengan menggunakan naskah punya banyak manfaat, terutama ketika kamu menjalankan seminar online tanpa ada bantuan moderator. Maka dari itu naskah bisa menjadi pedoman jalur pembicaraan kamu saat menyampaikan materi. Maka dari itu, jalannya seminar juga punya pola menaikkan sampai klimaks serta mendekati akhir seminar.

Dengan tips diatas pasti jalan dari webinar kamu akan lebih teratur dan terarah, apalagi kamu menggunakan bantuan jasa event organizer profesional yang juga mempunyai jasa live streaming murah didalamnya seperti dari Studio Pelangi sehingga jalan dari webinar akan lebih sukses sampai akhir.

Related posts