Pidato Tentang Narkoba

  • Whatsapp
Pidato Tentang Narkoba

Contoh Pidato – Berbicara di depan umum bukan sebuah perkara yang mudah. Banyak orang yang tidak biasa dan bisa melakukan hal tersebut. Namun tidak sedikit juga dari mereka yang hebat dalam melakukan pidato atau berbicara di depan banyak orang. Memiliki rasa percaya diri tentu sangat dibutuhkan, lebih dari itu keberanian untuk tampil di muka umum sangat diperlukan. Selain kedua hal itu, hal ketiga yang sangat penting adalah wawasan dan pengetahuan. Tanpa ada wawasan dan pengetahuan yang cukup, pidato hanya akan menjadi bualan alias omong kosong. Nah apakah kalian sudah siap menjadi seorang yang akan memberi pidato?

Menjadi seorang yang hebat dalam berpidato sangat lah penting. Suatu hari keterampilan berpidato akan membantu kalian saat memaparkan sebuah konsep atau rencana. Keahlian memberi penjelasan yang baik, tegas, dan lugas tidak banyak bisa dilakukan orang. Sehingga dalam dunia kerja, keterampilan ini sangat penting apalagi untuk mereka yang sudah berdiri di jajaran tengah dan atas.

Nah berikut ini adalah salah satu referensi contoh pidato yang bisa digunakan untuk berlatih.

Pidato Tentang Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang semua

Salam sejahtera, Namo Budayo

Yang terhormat Bapak Kepala SMA Tunas Dharma, yang saya hormati seluruh Bapak/Ibu Guru dan seluruh Staff Tata Usaha SMA Tunas Dharma, serta seluruh siswa-siswi yang saya banggakan.

Puja dan puji syukur mari kita haturkan ke hadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena kita tahu hanya atas berkat dan rahmatnyalah kita mampu berkumpul di kesempatan yang baik ini.

Seperti yang kita tahu semua bahwa Narkoba adalah musuh dari Bangsa Indonesia. Narkoba dan zat adiktif lainnya sudah secara hukum dilarang di negara kita karena efek dari penggunaannya sudah sangat meresahkan. Penggunaan narkoba serta zat adiktif lainya menimbulkan masalah-masalah berkelanjutan bagi mereka sang pemakai bahkan lingkungan sekitarnya. Adanya perubahan perilaku, penurunan produktivitas, gangguan pada kesehatan, kriminalitas, serta banyak lagi masalah yang muncul akibat dari pemakaian narkoba terlebih di kalangan remaja.

Saya mewanti-wanti pada seluruh siswa-siswi bahwa kini angka pemakai narkoba di Indonesia sangat lah tinggi. Kurangnya ketegasan hukum membuat mudahnya narkoba masuk dan beredar di Indonesia. Selain itu hal ini dimanfaatkan oleh pemain-pemain dari luar negeri untuk memanfaatkan anak muda sebagai sasarannya.

Bapak/Ibu guru dan hadirin sekalian, hal ini sebenarnya mampu kita cegah dengan melakukan tindakan nyata untuk menggalakan gerakan anti narkoba di lingkungan masyarakat. Khususnya di sekolah, rutin diadakan penyuluhan dan sosialisasi bahwa betapa bahayanya dan mampu menghancurkan masa depan seseorang. Memperketat pengawasan ke siswa serta peran siswa saling mawas diri dan teman-temannya agar terjauh dari ajakan atau bahkan godaan barang gratis karena ke depan akan berbahaya bagi diri sendiri.

Selain penyuluhan dan sosialisasi, memperbanyak aktivitas siswa yang ke arah positif akan dapat mengalihkan fokus dan perhatian siswa untuk terus melakukan hal-hal yang positif. Adanya peran aktif orang tua atau wali untuk selalu memantau anaknya di rumah sangat diharapkan. Karena bagaimanapun, kita di sekolah hanya bisa mengontrol tidak lebih dari 8 jam dan siswanya di rumah waktu siswa terbanyak.

Hadirin sekalian, khususnya siswa-siswi, ingat bahwa tak ada sedikit pun manfaat dari penggunaan narkoba dan zat adiktif lainnya tersebut. Itu hanya akan membawa kalian jatuh ke jurang terpuruk dalam kehidupan kalian. Ingat masa depan kalian masih panjang dan masih sangat terbuka untuk hal-hal yang luar biasa namun tidak untuk narkoba. Jangan pernah jadikan narkoba sebagai tempat pelarian saat kalian merasa terpuruk.

Hadirin sekalian, sekian pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Katakan tidak pada Narkoba.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Related posts